Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mal Terbesar di Kaltim Dikunjungi 25.000 Orang

Kompas.com - 19/01/2015, 20:02 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Kendati belum dibuka secara resmi (grand opening), pusat belanja terbesar di Kalimantan Timur, Big Mall Samarinda, sudah meraup kunjungan sebanyak 25.000 orang pada saat akhir pekan ini, Minggu (18/1/2015).

Jumlah kunjungan tersebut meningkat dibanding pada hari biasa (week days) yang mencapai sekitar 10.000 hingga 15.000 orang.

Menurut General Manager Big Mall Samarinda, Purhandoko, pengunjung tersebut tidak hanya berasal dari dalam kota Samarinda, melainkan juga kota-kota lainnya seperti Balikpapan, Bontang, Kutai, Sangatta, dan kawasan sekitarnya.

"Mereka sangat antusias dan penasaran dengan kehadiran pusat belanja ini. Terutama karena hal-hal baru yang kami tawarkan, yang belum pernah ada di Samarinda atau pun Kalimantan Timur," ujar Purhandoko kepada Kompas.com, Senin (19/1/2015).

Dia menuturkan, dari 33 gerai yang sudah beroperasi sejak 23 Oktober 2014 lalu, seluruhnya mendapat antusiasme pengunjung. Terutama gerai-gerai makanan dan minuman serta pakaian.

"Restoran Ta Wan, Starbucks, A&W, serta Charles & Keith selalu dipenuhi pengunjung. Bahkan, setiap akhir pekan, antrean panjang bisa mengular hingga ke depan dan samping gerai," tutur Purhandoko.

Hingga 17 Januari 2015, Big Mall dipenuhi 33 peritel yakni Hypermart, Matahari Department Store, CNF Perfumery, Giordano, Solaria, Guardian, KFC, Watch Circle, Ta Wan, Zoom& Watch, The Body Shop, Coconut Island, Wrangler, Optik Melawai, Hammer, The Executive, Colorbox, A&W, CFC, Cheery Gal's Gear, Teapresso, Bata, Planet Surf, Cinema XXI, Everbest, Watch Club, Naughty, Vicari, Manzone, Nike, Poshboy, Charles & Keith, dan Optik Seis.

"Minggu depan, gerai Century akan mulai dibuka untuk publik," ungkap Purhandoko.

Sementara 19 peritel lainnya yang sedang dalam proses fitting out dan buka kuartal I 2015 adalah Sogo Department Store, Amazone, Oke Shop, Global Teleshop, Bread Life, Wellcome, Levi's, Erafone, Gramedia, Buccheri, Donini, Number61, Samsung, Adidas, 3 Second, Eprise, Andre Valentino, Roti Boy, dan Ranti Fashion.

"Peritel lainnya yang merupakan peritel lokal kelas UKM (Usaha Kecil Menengah), kami akomodasi di level lower ground. Ke depan akan masuk lagi beberapa peritel skala besar dengan merek internasional populer lainnya, termasuk gym, pakaian, dan F n B," papar Purhandoko.

Targetnya, tambah dia, pembukaan resmi dilakukan semester I 2015 saat tingkat okupansi telah mencapai 70 persen. Demikian halnya dengan pekerjaan fisik bangunan yang saat ini sudah sampai pada tahap penyempurnaan (finishing).

Big Mall sendiri merupakan pusat belanja di dalam area pengembangan Samarinda Global City seluas 6,7 hektar di kawasan Untung Suropati, Sungai Kujang, Samarinda. Luas bangunan (gross floor area atau GFA) Big Mall mencapai 200.000 meter persegi. Selain Big Mall, terdapat hotel dengan klasifikasi bintang tiga dan empat, dan perkantoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com