Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Asia Terus "Melahap" New York

Kompas.com - 05/01/2015, 14:00 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Mitsui Fudosan, perusahaan berbasis di Tokyo, Jepang, tersebut baru saja membayar 258 juta dollar AS atau setara Rp 3,9 triliun untuk saham 92,09 persen pada gedung perkantoran yang diusulkan sebagai bagian dari proyek Hudson Yards di West Side, New York. Konstruksinya dijadwalkan pada awal musim semi tahun ini.

Luas proyek itu mencapai 1,3 juta kaki persegi. Terletak di di 11 Avenue dan 34 Street, proyek itu resmi disebut dengan "55 Hudson Yards".

Mitsui memang perusahaan investasi asal Asia yang baru saja melahap beberapa proyek real estate penting di New York dalam beberapa bulan terakhir ini. Sementara itu, perusahaan lain berbasis di Beijing, Anbang Insurance Group, juga sedang menyelesaikan pembelian 1.95 miliar dollar AS atau senilai Rp 29 triliun lebih Waldorf Astoria Hotel.

Tak hanya itu. Tahun lalu, perusahaan investasi lain asal China, Fosun International, juga membayar senilai 725 juta dollar AS untuk properti  Chase Manhattan Plaza. Bahkan, ikon terkenal lainnya, yaitu gedung General Motors di Central Park, kini pun sudah milik investor Asia.

"Di masa lalu, investasi besar Jepang di New York City telah masuk di sektor properti di lokasi-lokasi premier di sini (New York)," kata Mark Weiss, Wakil Perusahaan di Newmark Grubb Knight Frank.

Para ahli mengatakan, masuknya uang asing adalah tanda positif bagi New York secara keseluruhan.

"Ini menunjukkan kepercayaan luar biasa bahwa New York City tetap menjadi tempat yang aman bagi investasi asing," kata broker Adelaide Polsinelli Konsolidasi Timur, yang tidak terlibat dalam transaksi.

Saat ini Mitsui juga telah memiliki sebuah gedung perkantoran di 1251 Sixth Ave. Perusahaan itu juga telah membangun dan mengembangkan 300 unit apartemen sewa baru di 160 Madison Ave.

Proyek di Indonesia 

Ekspansi bisnis Mitsui Fudosan juga bergerak ke Indonesia. Tahun ini, bersama Ciputra Group, melalui Ciputra Residence, Mitsui ikut mengembangkan CitraGarden City yang berdiri sejak 1981 di Jakarta Barat. Kerjasama tersebut rencananya akan mengembangkan CitraLake Suites, sebuah kondominium di tengah danau seluas kurang lebih 5,7 hektar di Citra 6, CitraGarden City.

"Kami mengembangkan kawasan ini karena ingin memberikan kenyamanan maksimal bagi penghuni di CitraLake Suites, yaitu dengan konsep EcoCulture yang kami miliki dan kami terapkan di seluruh proyek kami," ujar Managing Director, Ciputra Group, Budiarsa Sastrawinata, pada acara peletakan baru pertama CitraLake Suites di Citra 6, Sabtu (22/11/20140).

Citra 6 adalah perumahan dengan segmen kelas atas di Jakarta Barat. Saat ini, komplek perumahan tersebut telah terhubung dengan kawasan Aeroworld 8 – CitraGarden City, yaitu kawasan komersial dekat bandara internasional Soekarno-Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com