Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Biaya-biaya Tak Terduga dari Kontraktor!

Kompas.com - 05/01/2015, 08:17 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Houzz.com

KOMPAS.com - Kebanyakan orang berpikir, pembayaran kontraktor untuk proyek renovasi, dipecah menjadi empat kategori utama yaitu pembelian bahan, pembayaran tenaga kerja, sub-kontraktor, dan penambahan atau markup biaya.

Ternyata terdapat kategori lain yang harus Anda pikirkan. Berikut kategori biaya lainnya:

Kondisi umum

Kondisi umum adalah biaya yang dikeluarkan selama proyek, umumnya tidak melibatkan pemasangan sesuatu secara permanen di rumah Anda. 

Ketika kontraktor memperkirakan biaya proyek, mereka menyusun semua biaya pembangunan, mulai dari harga pra konstruksi hingga pelayanan kebersihan pada akhir proyek. Semua biaya langsung dibebankan kepada pemilik.

Apa saja spesifikasi kondisi umum? Biasanya terdapat tiga kategori, yaitu manajemen lapangan, penanganan material bangunan dan manajemen proyek.

Manajemen lapangan

Manajemen lapangan mencakup semua tugas-tugas yang harus dilakukan dengan perlindungan dan kegunaan properti. Jika kegunaan sementara diperlukan, misalnya listrik atau air, biasanya biaya tersebut masuk di dalam kategori ini.

Kamar mandi yang digunakan oleh pekerja biasanya juga menjadi salah satu poin dalam kategori ini. Ada pula biaya tempat penyimpanan sementara atau kantor, tergantung pada seberapa besar ruangan untuk menampung material.

Manajemen lapangan juga bisa mencakup hal-hal seperti pengendalian erosi dan izin yang dibutuhkan dari petugas lokal jika jalan di sekitar harus diblokir sementara karena kendaraan dan peralatan renovasi, seperti pompa beton dan truk.

Ada juga biaya pembersihan harian dan akhir proyek. Pada pekerjaan besar, pembersihan bisa memakan waktu satu sampai dua jam atau bahkan lebih setiap hari untuk memastikan tempat proyek rapi dan aman.

Jika penghangat, kipas angin atau peralatan tambahan sewaan lainnya dibutuhkan, Anda mungkin bisa menemukan biaya ini pada kondisi umum.

Selain itu, jika lokasi pembangunan perlu diisolasi dari trotoar atau pengguna jalan terdekat, pagar sementara mungkin diperlukan.

Manajemen lapangan juga bisa termasuk perlindungan material ketika dikirimkan dan ketika material dipasang.

Penanganan material

Halaman:
Sumber Houzz.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com