Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mall of The World Dubai, Megaproyek Terbesar

Kompas.com - 02/01/2015, 11:49 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Tahun ini, rekor megaproyek terbesar tampaknya masih tersemat pada Mall of The World, Dubai, Uni Emirat Arab. Bangunan yang direncanakan seluas 4,4 juta meter persegi ini sekaligus menempatkan Dubai sebagai sentra megaproyek dunia.

Situs Emirates 27/4, menahbiskan portofolio anyar milik Dubai Holdings ini di urutan teratas, mengalahkan proyek-proyek raksasa lainnya Akoya Oxygen, Royal Atlantis Resorts and Residences, La Mer Jumeirah, dan Dubai Creek Harbor.

Mall of The World dengan estimasi pendanaan senilai Rp 84,3 triliun, akan dimulai konstruksinya Januari 2015. Keseluruhan proyek ini dijadwalkan kelar dalam sepuluh tahun mendatang, dalam beberapa fase pembangunan.

Tahap pertama akan dibangun pusat belanja seluas 743.224 meter persegi. Tahap kedua berupa taman bertema (theme park) yang juga berukuran kakap dan terbesar di dunia. Uniknya, taman bertema ini akan diselimuti kubah kaca yang dikendalikan secara otomatis. Saat musim dingin, kubah akan ditutup, sebaliknya, saat musim panas, kubah akan dibuka.

Selain itu, di Mall of The World juga terdapat zona khusus yang didedikasikan sebagai fasilitas kesehatan, sebuah distrik budaya, dan berbagai pilihan hotel dengan klasifikasi bintang lima sebanyak 20.000 kamar.

Wakil Presiden Dubai Holdings, Khalfan Belhoul, mengatakan, Mall of The World ini membentang di sepanjang Sheikh Zayed Road, atau pusat kota Dubai.

"Proses peletakan batu pertama dan pematangan lahan dimulai tahun ini dan segera setelah itu, konstruksi struktur akan dimulai," tutur Belhoul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com