Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot-robot Ini Ringankan Pekerjaan Rumah

Kompas.com - 27/12/2014, 11:59 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Analisis robot Dan Kara mengatakan, debut robot pada 2014 semakin mendekatkan konsumen untuk meninggalkan pekerjaan rumah mereka di masa depan.

Robot apa saja itu?

The Neato Botvac

Vacuums merupakan salah satu produk yang paling kompetitif di pasar, dan kualitasnya semakin membaik. Model paling awal dikritik karena ketergantungan berlebihan pada manusia. Pemilik harus menyeret bot daya pengisian ketika baterai habis. Terkadang, pemilik juga harus memindahkan furnitur karena mesin terlalu besar untuk menjangkau tempat-tempat sempit.

The Neato Botvac muncul menyempurnakan Vacuums. Botvac tidak perlu sering dibersihkan seperti pada Vacuum. Seri robot terbaru ini juga memiliki fitur daya angkat yang baik dan bentuknya yang sedikit lebih pipih, memungkinnya disimpan di bawah sofa. Bila baterai rendah, Botvac kembali secara otomatis ke stasiun pengisiannya. Harga Botvac per unit adalah 480-600 dollar AS atau Rp 5,9 juta-Rp 7,4 juta.

Grillbot

Grillbot bekerja dengan bulu sikat dari logam. Di atas panggangan panas atau dingin, nyalakan bot, pemilik tinggal menurunkan penutupnya dan menunggu 10 sampai 30 menit. Hasilnya, tempat pemanggang pun menjadi bersih untuk dipakai memasak kembali. Grillbot dijual dengan harga 130 dollar AS atau Rp 1,6 juta.

Litter-Robot

Robot ini dibangun dengan sensor yang tahu kapan kucing pemilik mengeluarkan kotoran. Kemudian, unit ini akan berputar seperti pengaduk semen raksasa, untuk menyaring dan menghimpun kotoran kucing di nampan sampahnya. Mesin ini dihargai 389 dollar AS atau Rp 4,8 juta per unit.

Scooba 450

Perangkat senilai 600 dollar AS atau Rp 7,4 juta ini dibuat untuk membasahi, menyebar sabun, dan menggosok lantai. Scooba kemudian menghisap air kotor dengan lap dari karet. Satu fiturnya yang dinyatakan sukses adalah "Virtual Wall", yaitu penghalang inframerah yang menjaga Scooba dari daerah tertentu. Pemilik bisa menyebarkan cahaya inframerah di mana saja sehingga robot menjauhi tempat tersebut.

Robomow RS

Perangkat yang dibanderol 1.100-2.000 dollar AS atau Rp 13,6 juta-Rp 24,8 juta adalah sebuah pemotong rumput. Untuk penggunaan pertama, Anda harus memetakan halaman rumah dengan kabel untuk menentukan batas Robomow bekerja.

Setelah memotong rumput seluruh pekarangan atau baterainya habis, robot ini akan otomatis menuju tempat pengisiannya. Robot ini menggunakan daya listrik, sehingga suara yang dihasilkan lebih halus daripada mesin pemotong konvensional.

Droplet

Dengan 300 dollar AS atau Rp 3,7 juta, Anda mampu memiliki Droplet, yang akan membantu menyiram tanaman. Letakkan alat penyiram di suatu tempat, program sistem pada komputer atau perangkat mobile dan hubungkan pada jaringan Wi-Fi.

Droplet mengecek cuaca dan membuat alat penyiram untuk menyirami taman Anda dengan jumlah air yang dibutuhkan. Dengan jarak penyiraman seluas 30 meter, unit dapat mengelola kebun besar dan seluruh petak rumput dengan pemakaian air yang efisien.

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com