Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mediatheque de Monterblanc", Perpustakaan Sekaligus Balai Kota Modern

Kompas.com - 23/12/2014, 09:24 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com - Perpustakaan di sebuah desa di Perancis, dibingkai oleh kisi beton berwarna putih. Arsitek dari Studio 02 membuat kisi beton ini untuk menopang dinding kaca dan kayu.

Bertajuk Mediatheque de Monterblanc, perpustakaan dengan luas 450 meter persegi tersebut terletak di ujung jalan desa Brittany, Monterblanc. Kontras dengan bangunan di sekitarnya yang didominasi batu abu-abu, struktur beton putih perpustakaan ini, memiliki fitur panel kaca besar.

www.dezeen.com Elemen kaca dimaksudkan agar pengunjung perpustakaan melihat pemandangan desa dengan leluasa.
Elemen kaca dimaksudkan agar pengunjung perpustakaan melihat pemandangan desa dengan leluasa. Strukturnya dibentuk dalam dua volume, yaitu blok tinggi di depan perpustakaan yang menopang langit-langit ganda pada ruang baca dan volume yang lebih rendah pada belakang perpustakaan, yang berisi ruang komputer dan kantor.

www.dezeen.com Strukturnya dibentuk dalam dua volume, yaitu blok tinggi di depan perpustakaan yang menopang langit-langit ganda pada ruang baca dan volume yang lebih rendah pada belakang perpustakaan, yang berisi ruang komputer dan kantor.
"Ruangan yang sunyi. Perpustakaan Monterblanc menawarkan perspektif yang sederhana dan mudah diakses. Sistem mosaiknya menyajikan panorama desa," kata arsitek.

Bangunan ini disamakan sebagai balai kota modern, yang terletak di tengah-tengah komunitas. Huruf-huruf logam yang dipasang di tepi atas fasad perpustakaan, menandakan nama gedung ini.

www.dezeen.com Di dalamnya, ruang terbuka dilengkapi dengan rak-rak buku. Rak-rak ini senada dengan lantai ruangan yang berwarna putih. Kursi-kursi putih juga diletakkan di sekitar meja belajar dengan perpaduan hijau dan putih.
Di dalamnya, ruang terbuka dilengkapi dengan rak-rak buku. Rak-rak ini senada dengan lantai ruangan yang berwarna putih. Kursi-kursi putih juga diletakkan di sekitar meja belajar dengan perpaduan hijau dan putih.

Ruang-ruang kecil di sekitar ruang utama perpustakaan, antara lain adalah kantor, toilet, dan ruang membaca khusus anak-anak. Di lantai area anak-anak, terdapat sofa besar dan buku-buku warna-warni. Sementara itu, lampunya disesuaikan dengan langit-langit ruangan yang berpola polkadot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com