Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubai Berambisi Jadi Magma Bisnis Global Tahun 2021

Kompas.com - 18/12/2014, 17:49 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, telah meluncurkan Dubai Plans 2021. Rancangan ini tak kalah ambisius dengan negara India yakni menjadikan Dubai sebagai kota pintar (smart city).

Dubai Plans 2021 bertujuan untuk memperkuat posisi kota terbesar kedua di negeri petrodollar itu sebagai sentra global untuk bisnis, keuangan, perdagangan, dan industri, selama tujuh tahun ke depan, menyusul keberhasilannya menjadi tuan rumah World Expo 2020. Selain itu, Dubai juga bakal dirancang sebagai ibu kota ekonomi Islam.

Kerangka Dubai Plans 2021 meliputi enam tema yang mendefinisikan keunggulan kota ini yakni, kota kebahagiaan (city of happy), kota kreatif, kota yang nyaman, kota pintar dan berkelanjutan, pusat ekonomi dunia, dan kota dengan pemerintahan yang baik.

"Peluncuran Dubai Plans 2021 adalah awal dari sebuah babak baru pembangunan berkelanjutan dan sistematis di semua sektor penting di Dubai," ujar Sheikh Mohammed bin Rashid.

Rashid juga menyoroti pentingnya kerja sama antara semua pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan utama yakni kebahagiaan dan kesejahteraan rakyat. Perubahan regional dan global yang cepat memaksa Uni Emirat Arab untuk melipatgandakan usaha demi melindungi dan meningkatkan peluang untuk menjadi pemimpin dunia.

"Semua entitas di pemerintah Dubai harus menyelaraskan rencana strategis dengan Dubai Plans 2021 dan memastikan konsistensi serta sinergi. Karena Dubai 2021 adalah sebuah kota yang menjadi pilihan utama dan pertama di dunia. Dubai Plans 2021 adalah prioritas tertinggi bagi pemerintah Dubai selama tujuh tahun ke depan," tandasnya.

Sekretaris Jenderal Dewan Eksekutif Dubai, Abdullah Al Shaibani, menambahkan, Dubai adalah kota yang mencakup semua anggota masyarakat dengan beragam budaya dan bahasa, dan membuat mereka merasa bagian integral dan pemain kunci dalam membentuk masa depan.

"Kepemimpinan yang bijaksana terus mendorong kita untuk mencari cara-cara yang menjamin kebahagiaan rakyat dan menawarkan mereka layanan yang lebih baik dengan standar internasional tertinggi," ucap Shaibani.

Dubai Plans 2021 melengkapi Rencana Strategis Dubai 2015 yang diluncurkan sebelumnya oleh Sheikh Mohammed pada tahun 2007.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com