Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Membuktikan Pekerja yang Terkena Sinar Matahari Lebih Sejahtera!

Kompas.com - 12/12/2014, 16:03 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 42 persen pekerja tidak memiliki akses pada cahaya alami, sementara 7 persen pekerja mengaku di kantornya tidak terdapat jendela sama sekali. Sejumlah 55 persen pekerja lainnya tidak memiliki akses kepada penghijauan.

Itu merupakan hasil survei Human Spaces yang dilakukan terhadap 3.600 pegawai kantor yang tersebar di delapan negara, yaitu Denmark, Perancis, Jerman, Belanda, Spanyol, Swedia, Inggis, dan Uni Emirate Arab.

Human Space menginvestigasi efek lingkungan kantor yang melibatkan unsur alam, seperti cahaya alami dari matahari. Hasilnya, cahaya alami terkadang diabaikan pada sebuah kantor. Ini terlihat dari domain kerja profesional, di mana penekanan desain hanya secara sekilas melibatkan pertimbangan  kepraktisan, kesehatan, dan keselamatan.

Dari laporan tersebut juga terbukti bahwa terdapat efek signifikan bagi pekerja yang tidak dapat melihat keluar ruangan. Tidak hanya berpengaruh terhadap perasaan mereka, tetapi juga memengaruhi produktivitas pekerjaan.

Analisis Humas Space menunjukkan bahwa orang-orang yang memandang alam seperti pohon, air, atau pedesaan lebih tinggi kesejahteraannya daripada mereka yang tinggal di kantor dengan pemandangan gedung, jalan, dan konstruksi.

Selanjutnya, mereka yang tinggal di kantor dengan jendela menghadap ke alam, memiliki tingkat kesejahteraan tertinggi. Dengan demikian, motivasi kerja pegawai di kantor yang dilengkapi dengan jendela, lebih baik dibandingkan dengan tidak ada jendela sama sekali.

Dalam kasus ini, penelitian menunjukkan bahwa meski sudah berjendela, kantor juga harus memiliki ruang yang mengandung dekorasi unsur alam untuk menggantikan kurangnya kontak pegawai dengan alam, misalnya tanaman dalam ruangan.

Bekerja sama dengan psikolog Sir Cary Cooper, Human Spaces melaporkan bagaimana desain dan penggabungan unsur-unsur alam di kantor dapat mengurangi perasaan stres dan bosan. Sebaliknya, karyawan menjadi lebih produktif karena merasa bahagia, kreatif, dan termotivasi.

Elemen lain yang memengaruhi produksi kerja pegawai di kantor adalah ruang bekerja yang tenang, pemandangan laut, tanaman dalam ruangan, dan warna-warna cerah antara lain kuning, hijau, dan biru.

Bagaimana dengan lingkungan kerja Anda?


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com