Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Lagi Mengunci Pintu Secara Manual!

Kompas.com - 11/12/2014, 16:09 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

 

KOMPAS.com - Di era yang serba digital ini hampir setiap orang memiliki telepon genggam pintar karena memiliki banyak keunggulan. Di beberapa negara telepon genggam bahkan bisa dipakai untuk membuka dan mengunci rumah secara otomatis.

Designer Yves Behar baru saja membuat August Smart Lock, yakni sebuah inovasi untuk menggantikan fungsi kunci rumah. August jauh lebih efektif dibandingkan dengan pemakaian kunci konvensional. Pasalnya, untuk membuka kunci, penghuni harus memiliki aplikasi khusus di telepon genggamnya. Aplikasi ini terkoneksi dengan August yang telah terpasang di pintu rumah.

Fitur August memungkinkan penghuni tidak perlu mengunci pintu secara manual. August mampu mendeteksi saat penghuni keluar rumah dan secara otomatis mengunci pintu.

Fitur Auto-Unlock berfungsi sebaliknya. August bisa "merasakan" saat penghuni mendekati pintu, kemudian membukanya sebelum penghuni menyentuh kenop pintu.

Selain itu, melalui aplikasi yang telah terkoneksi, penghuni rumah dapat menambahkan daftar orang-orang baru. Orang-orang ini diberi akses untuk melewati pintu tersebut.

Uniknya, penghuni dapat mengatur kapan saja akses tersebut berlaku, baik permanen, temporer, maupun berdasarkan jadwal. Akses ini dapat dibatalkan atau diubah kapan saja diperlukan. Penghuni juga bisa mengaktifkan notifikasi pemberitahuan jika ada orang-orang dari daftar tersebut memasuki rumah.

Kelemahan August adalah pada fitur kunci otomatis. Pintu baru terkunci saat penghuni meninggalkan rumah selama 30 detik. Waktu ini diperkirakan cukup bagi pelaku kejahatan untuk menerobos ke dalam rumah.

Sebaliknya, fitur pembuka kunci otomatis berlaku saat penghuni berada di area tertentu. Hal ini bisa memicu masalah baru jika penghuni tidak sengaja melewati rumah kemudian pintu terbuka secara otomatis.

Sebelum August, kunci otomatis juga telah dikembangkan oleh OkiDokeys. Hampir sama dengan August, OkiDokeys juga mampu dikendalikan dari telepon genggam pribadi penghuni.

Perbedaannya, jika August hanya bisa dikendalikan melalui telepon genggam, OkiDokeys menawarkan beberapa pilihan lain, yaitu bisa diakses melalui gelang dan kalung. Gelang dan kalung ini cukup ditempelkan pada alat yang terpasang di dekat pintu sebelum memasuki rumah. Hanya dalam beberapa detik, pintu akan terbuka secara otomatis.

Perbedaan lainnya adalah, OkiDokeys masih memungkinkan menggunakan kunci konvensional. Selain itu, salah satu komponen OkiDokeys bahkan dilengkapi dengan bel nirkabel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com