Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realisasi KPR BTN Tembus 3,3 Juta Unit

Kompas.com - 10/12/2014, 14:12 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), semakin memperkuat posisinya sebagai bank penyalur kredit pemilikan properti (KPR) terbesar di Indonesia. Sejak 10 desember 1976 sampai November 2014, rumah yang terealisasi dengan menggunakan KPR BTN sebanyak 3.371.958 unit.

Jumlah tersebut terbagi terbagi atas rumah subsidi 2.562.043 unit (76 persen) dan rumah non subsidi 809.915 unit (24 persen).

Sedangkan total kredit mencapai Rp 120,99 triliun yang terdiri atas KPR Subsidi sebesar Rp 56,58 triliun (46,8 persen) dan KPR Non Subsidi sebesar Rp 64,41 triliun (53,2 persen).

Dengan pencapaian itu, total pangsa pasar KPR BTN menjadi sebesar 24 persen. Sementara untuk segmen KPR subsidi, Bank BTN menguasai 95 persen pangsa pasar dari total penyaluran Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tahun 2011-2013.

Kendati penyaluran KPR BTN tiap tahun terus tumbuh, namun Indonesia masih menghadapi masalah kekurangan rumah yang layak huni dan terjangkau. Bahkan, hingga saat ini, menurut Badan Pusat Statistik, kebutuhan masyarakat akan rumah adalah sebanyak 13,5 juta.

Untuk itu, Direktur Utama Bank BTN Maryono mengharapkan, BTN dapat terus memenuhi kebutuhan rumah rakyat melalui program KPR.

"Pasalnya, sekitar 80 persen pembeli rumah, menggunakan KPR. Bank BTN memberikan peran lebih besar dalam mendukung pemerintah menyiapkan program rumah nasional bagi masyarakat menengah ke bawah," ujar Maryono saat acara peringatan HUT KPR BTN yang ke-38 di Menara BTN, Jakarta Pusat, Rabu (10/12/2014).

Maryono mengatakan, KPR BTN terus tumbuh dan pihaknya secara konsisten akan mengurus perumahan dengan pengembangan kualitas pelyanan dan fitur-fitur baru. Untuk merealisasikan visi sebagai bank khusus penyalur KPR, BTN juga akan meluncurkan inovasi baru, misalnya Tabungan Perumahan dan BTN Housing Finance Center.

"Ke depan, BTN menghadapi tantangan persaingan, karena perubahan terjadi sangat cepat. Untuk itu, BTN siap melakukan transformasi bisnis, sumber daya manusia, dan jaringan," jelas Maryono.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com