Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Kualitas Tidur, Hindari 5 Hal Ini di Kamar Anda!

Kompas.com - 25/11/2014, 10:55 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Setelah seharian bekerja, Anda tentu ingin beristirahat dan tidur secara berkualitas. Untuk mewujudkannya, kamar tidur Anda haruslah sejuk, gelap, dan tenang, layaknya terpisah dari dunia luar.

Tak hanya itu. Jika ingin menciptakan suasana kamar ideal untuk beristirahat, ada beberapa benda yang seharusnya tak berada di kamar tidur Anda. Simak berikut ini:

1. Telepon genggam

Kebanyakan orang memiliki alasan tertentu untuk tetap menyimpan telepon genggam di dekat kasur mereka. Anda mungkin salah satu yang menganggap bahwa telepon genggam berfungsi sebagai alarm. Mungkin juga, Anda takut akan ada panggilan darurat tengah malam.

Itu tidak salah, tentu saja. Namun, perlu diketahui, bahwa alasan-alasan tersebut sebetulnya mengganggu kualitas tidur Anda. Setiap kali telepon berdering atau bergetar, tidur nyenyak Anda akan terganggu. Bahkan, lampu dari telepon genggam dapat menyebabkan masalah.

Cahaya biru dari telepon pintar dan perangkat elektronik lainnya memicu gairah di otak dan merusak produksi hormon meltonin, yaitu hormon yang membantu tidur. Semakin sering Anda menggunakan telepon genggam sebelum tidur, semakin sulit Anda tertidur pulas.

Maka, mulai sekarang, tinggalkan sejenak telepon di ruangan lain dan besarkan suara alarm Anda.

2. Pekerjaan

Menurut Harvard's Division of Sleep Medicine, 80 persen profesional muda mengaku bekerja di kasur sebelum tidur. Hal ini tentu merusak pola tidur mereka. Untuk itu, jika tidak ingin menderita insomnia, Anda dilarang bekerja melalui laptop, tablet atau telepon genggam selama berada di kamar tidur, khususnya pada saat jam tidur.

www.shutterstock.com Sarapan di tempat tidur memang terdengar glamor, tetapi remah makanannya tidak demikian. Untuk alasan kebersihan, makanan tidak disarankan berada di kamar tidur. Selain itu, aktifitas makan juga tidak sesuai dengan rutinitas tidur.

3. Hewan peliharaan

Seseorang biasanya memiliki emosi yang lekat untuk terus berada dekat dengan hewan peliharaannya. Meski begitu, berbagi tempat tidur dengan hewan peliharaan adalah salah satu cara "merusak" tidur lelap Anda.

Setiap kali hewan kesayangan Anda bergerak atau bersuara, mau tak mau Anda akan terbangun. Faktanya, 30 persen pemilik hewan peliharaan yang berbagi tempat tidur dengan peliharaannya, terbangun paling tidak sekali dalam semalam.

Hewan peliharaan juga membawa debu, serbuk sari dan ketombe yang dihasilkan dari aktifitasnya seharian. Hal ini juga akan meningkatkan risiko alergi.

4. Makanan

Sarapan di tempat tidur memang terdengar glamor, tetapi remah makanannya tidak demikian. Untuk alasan kebersihan, makanan tidak disarankan berada di kamar tidur. Selain itu, aktifitas makan juga tidak sesuai dengan rutinitas tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com