Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cantik... Melukis Kota-kota Dunia dengan Alat Bedah!

Kompas.com - 14/11/2014, 14:14 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Paduan ide dan kreativitas biasanya akan menimbulkan karya luar biasa. Salah satunya adalah lukisan Damien Hirst yang dibuat menggunakan peralatan bedah.

Seniman asal Inggris itu baru-baru ini memperkenalkan lukisan terbarunya itu di Galeri Kubus Putih, Sao Paolo, Brasil. Damien menamakan lukisannya sebagai "The Black Scalpel Cityscapes" dan menggambarkan sebuah potret kota yang hidup.

www.designboom.com Damien menggambar menggunakan pisau bedah, silet, pengait, kikir besi, dan peniti. Lukisan itu makin terlihat elegan, tatkala Damien memadukannya dengan latar belakang hitam.
Selain menggunakan instrumen bedah, Damien juga mengatur lukisannya dalam komposisi pandangan mata burung terhadap peta tampilan situs perkotaan. Baik kota dan elemen alam dalam lukisan itu digambarkan dengan baik oleh Damien.

Uniknya, ia menggambar menggunakan pisau bedah, silet, pengait, kikir besi, dan peniti. Lukisan itu makin terlihat elegan, tatkala Damien memadukannya dengan latar belakang hitam.

www.designboom.com Damien menggambar menggunakan pisau bedah, silet, pengait, kikir besi, dan peniti. Lukisan itu makin terlihat elegan, tatkala Damien memadukannya dengan latar belakang hitam
Pada pameran di Sao Paolo itu Damien menampilkan 17 kota dalam lukisannya. Kota-kota tersebut merupakan tempat yang berhubungan dengan kehidupan Damien atau pusat ekonomi, politik, dan agama. Beberapa kota itu di antaranya Washington DC, Roma, Vatikan, Leeds (tempat Damien dibesarkan), Beijing, Moskow, New York, dan London.

"The Black Scalpel Cityscapes" ditampilkan dalam kondisi all seeing eye dan memberikan realitas yang tak terhindarkan dalam kehidupan modern. Secara bersamaan, proyek ini mengacu pada referensi metafora pada prosedur militer bernama 'bom bedah' atau 'serangan bedah.' Prosedur tersebut biasa digunakan dalam perang modern dan bertujuan untuk membatasi kerusakan dengan menargetkan area-area tepat untuk dihancurkan.

www.designboom.com Damien menampilkan 17 kota dalam lukisannya. Kota-kota tersebut merupakan tempat yang berhubungan dengan kehidupan Damien atau pusat ekonomi, politik, dan agama. Beberapa kota itu di antaranya Washington DC, Roma, Vatikan, Leeds (tempat Damien dibesarkan), Beijing, Moskow, New York, dan London.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com