Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Konsep Bangunan Hijau Itu Penting untuk Anda?

Kompas.com - 04/11/2014, 14:04 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com – Ada beberapa alasan konsep go green itu penting dilaksanakan. Pertama, sumber daya yang terbatas, sementara semakin banyak orang menggunakannya terus-menerus.

Tentu saja, jika kita ingin generasi masa depan merasakan kualitas kehidupan yang sama dengan kita saat ini, maka langkah go green perlu diambil, salah satunya melalui penerapan konsep bangunan hijau atau green building.

Bangunan hijau atau ramah lingkungan adalah tempat tempat yang tepat untuk memulai langkah tersebut. Di Amerika Serikat contohnya, bangunan rumah hanya mengonsumsi 14 persen air, 40 persen bahan baku, dan 39 persen energi. Jumlahnya hanya 15 triliun galon air dan 3 miliar ton bahan baku setiap tahun.

Namun, jika hal itu belum cukup meyakinkan Anda, ada beberapa alasan lain Anda harus mendukung rumah yang ramah lingkungan. Simak beberapa alasan tersebut:

Bermanfaat bagi lingkungan

Ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik? Mengimplementasi praktik hijau di rumah Anda atau kantor dapat membantu mengurangi limbah, konservasi sumber daya alam, meningkatkan kualitas udara dan air, dan melindungi ekosistem dan biodiversity.

www.shutterstock.com Sistem dan material ramah lingkungan mengurangi konsumsi energi, yang secara tidak langsung mengurangi jumlah tagihan Anda. Sistem ini juga meningkatkan nilai aset, keuntungan dan mengurangi waktu pemasaran.

Bermanfaat bagi keuangan

Ingin mengurangi pengeluaran Anda? Sistem dan material ramah lingkungan mengurangi konsumsi energi, yang secara tidak langsung mengurangi jumlah tagihan Anda. Sistem ini juga meningkatkan nilai aset, keuntungan dan mengurangi waktu pemasaran.

Bermanfaat bagi kesehatan

Ingin hidup lebih sehat? Bangunan hijau tidak hanya baik bagi lingkungan, tetapi juga baik bagi Anda. Desain dan teknologi berkelanjutan meningkatkan kualitas kehidupan penghuni rumah dengan memperbaiki kualitas udara dan air, serta mengurangi polusi udara.

Menurut studi pada 2006 the Center of the Built Environment, University of California, bangunan kantor yang ramah lingkungan dapat meningkatkan produktifitas dan kepuasan pekerja di kantor.

Nah, sudah bisa Anda pertimbangkan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com