Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luar Biasa, Satu Orang Borong 6.350 Rumah!

Kompas.com - 03/11/2014, 15:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Herb Strather adalah pemuncak perusahaan pengembang yang baru saja memborong sebanyak 6.350 properti dengan harga 3.183.500 dolar atau Rp 38,5 miliar dalam sebuah lelang.

Properti ini sebagian besar merupakan rumah kosong dan ditumbuhi tanaman liar di Detroit, Michigan, Amerika Serikat. Tidak ada seorang pun yang berpikir untuk membeli rumah-rumah ini, terkecuali Strather.

Strather adalah salah satu anggota dari Detroit Bundle LLC, bersama dengan perusahaan Texas Eco Solutions, dan lain-lain. Ia juga menjabat sebagai ketua perusahaan Strather Associates dan tengah menjalankan sekolah khusus properti.

"Kami agak terkejut (melihat harga penjualan rumah kosong). Kami mulai dari angka yang kecil, dan memutuskan untuk menawarnya. Karena, kami prihatin. Kami ingin memastikan bahwa pembangunan di Detroit tetap berada di tangan penduduknya," kata Strather seperti dikutip The Huffington Post.

Strather menyebutkan, dia memiliki sekitar dua lusin mahasiswa yang bekerja pada properti-properti tersebut. "Mereka akan memberi banyak nilai tambah terhadap proyek pengembangan dengan jerih payah mereka sendiri," kata dia.

Penjualan properti Detroit belum selesai. Pemenang dalam lelang pajak daerah harus membayar 10 persen dari harga total sejak sehari setelah memenangkan properti, hingga 14 hari kemudian.
Strather dan rekan-rekannya juga diharuskan untuk menghancurkan semua properti tersebut dalam waktu enam bulan.

Mereka pun harus memiliki perjanjian pembangunan untuk setiap properti yang dianggap bisa diselamatkan. Jika mereka gagal memenuhi batas waktu tersebut, kepemilikan untuk semua properti bisa kembali ke pemerintah kota Detroit.

Hal ini tampak begitu mustahil, karena properti-properti ini terikat dalam peraturan daerah untuk mencegah spekulan membeli secara satu persatu. Jika grup Strather tidak menawarnya, lahan kosong dan rumah-rumah dalam kondisi baik akan dilimpahkan pada Detroit Land Bank, di mana perjanjian penjualan membuat permintaan pembeli lebih tinggi.

"Proses ini mempercepat pembongkaran properti yang dianggap sebagai 'kanker' di lingkungan Detroit," kata Wali Kota Mike Duggan dan Bendahara Wayne County Raymond Wojtowicz.

Diprediksi, tidak ada yang akan mengambil 6.000 properti ini dan mereka akan langsung dilimpahkan ke Land Bank tanpa penawaran.

"Sekarang kita lihat apakah memang grup ini serius mengemban tugas tersebut. Dan jika mereka bersedia melakukannya, kami mau mendengarkan," kata Kepala Deputi Bendahara Wayne County, David Szymanski.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com