Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rumah Hobbit" Ini Dijual Senilai Rp 14,5 Miliar

Kompas.com - 03/11/2014, 12:27 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Jika Anda penyuka film The Hobbit, pasti mengenali rumah di Bethesda, Maryland ini. Rumah yang dikenal sebagai "rumah jamur" atau "rumah hobbit" ini masuk ke pasar dan dibanderol seharga 1,2 juta dollar AS (Rp 14,5 miliar).

"Rumah Jamur" ini telah lama menjadi daya tarik di kawasan sekitarnya. Selain sebagai "rumah jamur", masyarakat sekitar mengenalnya sebagai "Smurf House" dan "Flintstones House".

Pemiliknya, Edward dan France Garfinkle, membeli rumah tersebut pada 1967. Rumah ini sendiri dibangun pada 1923. Luas bangunan mencapai 334 meter persegi dengan lahan 557 meter persegi.

Mereka mengubahnya menjadi rumah yang unik, dengan menambahkan langit-langit yang tinggi, jendela pada loteng, dan dinding yang melekuk-lekuk.

"Saat itu, kami melihat sesuatu yang berbeda. Kami tidak ingin tinggal di dalam "kotak"," kata Edward.

Ambisi proyek ini, sayangnya, membawa mereka pada kebangkrutan.

"Kami pikir biaya pembangunannya tidak mahal. Kami membangunnya saat kami muda. Setelah waktu berlalu, kami merasa bodoh," aku Edward.

Beberapa dekade setelah mengubah rumah tersebut, Edward dan France siap menjualnya dan menunjukkan interior dalam "rumah hobbit" ini.

"Banyak orang ingin melihat isi rumah ini. Seseorang bahkan pernah mengetuk pintu rumah kami dan berkata 'Bolehkah saya masuk?' Kami menjawab, 'Tidak'. Mereka bertanya, 'Kenapa?' Kami pun menjawab, 'Ini rumah kami, kami tinggal di sini.' Tapi, kemudian lama-lama terasa menyenangkan," kata Edward.

Rumah ini memiliki empat kamar tidur, dua kamar mandi, dan satu kamar mandi kecil yang dilengkapi dengan pemanas air, pendingin ruangan, kipas angin, gas alami, dan beberapa fasilitas lainnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com