Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qatar Bangun Megaproyek "Motor City" Senilai Rp 18 Triliun

Kompas.com - 26/10/2014, 12:25 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber doha news
KOMPAS.com - Bukan jazirah Arab kalau tidak punya ambisi besar. Baru-baru ini, Barwa Real Estate Group, raksasa properti berbasis di Doha, Qatar, berencana membangun sebuah motor city  atau kota otomotif.

Tak main-main, megaproyek ini diproyeksi menelan dana investasi senilai 1,5 miliar dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 18 triliun. Motor City akan dibuka untuk umum pada 2019 mendatang.

Apa itu motor city? Ini merupakan kota yang dikhususkan bagi ruang pamer mobil bekas, bengkel, pusat pemeliharaan, jasa penyewaan mobil, sekolah mengemudi dan jasa terkait lainnya.

Selain itu, Barwa Real Estate Group, juga akan melengkapinya dengan trek balap, dan kegiatan olahraga lainnya. Tak luput, disediakan juga layanan perbankan, bisnis asuransi mobil serta kantor kementerian dalam negeri, pertahanan sipil dan perkotaan, dua hotel, perumahan bagi pekerja, dan ruang-ruang komersial lainnya.

Untuk merealisasikan ambisi ini, Barwa Real Estate Group telah menandatangani perjanjian dengan Kementerian Kota dan Perencanaan Kota untuk mengelola sekitar 1,15 juta meter persegi lahan selama 30 tahun dalam skema build-operate-transfer (BOT).

Lahan seluas itu kemudian disewakan kepada pemain industri otomotif dan bisnis terkait. Lokasi kota otomotif ini sendiri berada di Rawdat Rashid, sepanjang Salwa Road dalam pengembangan Aqua Park.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber doha news
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com