Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin Beroperasi Tahun Depan

Kompas.com - 22/10/2014, 11:18 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Ciputra Group melalui PT Ciputra Mitra Medika, merencanakan pembukaan rumah sakitnya ketiga, Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin, pada Oktober 2015 mendatang. Kepastian tersebut disampaikan Head of Marketing Department Head Citra Land Banjarmasin, Rudy Andreas, kepada Kompas.com, Selasa (21/10/2014).

"Kami jadwalkan pembukaan pada Oktober 2015 mendatang. Saat ini Citra Mitra Hospital sedang dalam tahap pembangunan yang sudah dimulai sejak 16 April 2014 lalu," jelas Rudy.

Ciputra Mitra Hospital merupakan salah satu fasilitas utama di dalam kawasan perumahan Citra Land Banjarmasin, menyusul beroperasinya sekolah internasional Mitra Kasih. Pembangunan rumah sakit itu sendiri menelan investasi Rp 250 miliar yang juga mencakup 205 tempat tidur (bed).

Rudy menuturkan, fasilitas kesehatan ini merupakan rumah sakit tipe B atau kategori rumah sakit swasta paling tinggi, dengan persyaratan cukup ketat. Dibangun di atas lahan 1,5 hektar, bangunan rumah sakit tersebut terdiri dari dua tower yang akan dibangun secara bertahap seiring kebutuhan masyarakat .

Tahap pertama akan dibangun satu tower terdiri dari lower ground dan enam lantai. Adapun menara kedua dirancang untuk kantor pelayanan dengan total luas bangunan 15.880 meter persegi.

Selain didesain dengan konsep modern, Ciputra Mitra Hospital disiapkan sebagai gedung ramah lingkungan dan hemat energi. Upaya itu berlaku mulai lanskap, taman pada atap, serta fasadnya untuk menambah kesejukan, pengelolaan air limbah, serta pemilihan alat mekanikal dan elektrikal, maupun peralatan medisnya.

"Di dalam rumah sakit ada 35 ruang poliklinik untuk pasien rawat jalan, Unit Gawat Darurat dengan total kapasitas 12 tempat tidur, tiga kamar bedah, ruang medical check up, ruang radiologi yang lengkap, fisioterapi, Intensive Care baik untuk dewasa, anak, maupun bayi, juga dokter spesialis yang dibutuhkan," kata Rudy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com