Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marwan Jafar, Menuju Kursi Menteri Perumahan Rakyat

Kompas.com - 22/10/2014, 10:37 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Untuk mengisi posisi Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) di kabinet pemerintahan Jokowi-JK periode 2014-2019, sejumlah nama muncul sebagai kandidat. Selain Eddy Ganefo dan Enggartiasto Lukita, nama lain yang mengemuka adalah Marwan Jafar. Berikut catatan tentangnya.

Marwan Jafar lahir di Pati, Jawa Tengah, 12 Maret 1971. Pada kabinet pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, lelaki berumur 43 tahun ini adalah anggota DPR RI dari fraksi PKB mewakili Jawa Tengah. Marwan ditugaskan di Komisi V DPR RI yang menangani Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perumahan Rakyat Indonesia, Kementerian Perhubungan Indonesia dan Badan SAR Nasional.

Di kancah politik Senayan, karir Marwan diawali sebagai Ketua Fraksi PKB DPR 2009-2014. Sebelumnya dia menjabat sebagai sekretaris fraksi partai PKB.

Marwan juga pernah menjadi Wakil Ketua Lembaga Perekonomian PBNU. Ketika itu, dia kerap menuangkan gagasan cemerlang tentang pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, Persatuan Santri Ahlusunnah Wal Jama'ah (PSAJ) yang merupakan organisasi sayap PKB siap menyampaikan rumusan Muskerwil ke DPW PKB Jateng dan DPP PKB.

Bisa dikatakan, Marwan merupakan anggota DPR yang vokal saat memperjuangkan produk-produk kebijakan yang bersinggungan langsung dengan kepentingan warga NU. Untuk itulah, dia dijagokan menjadi calon gubernur Jateng 2013. Dia dianggap sebagai sosok yang layak karena merupakan kader pesantren dan Nahdlatul Ulama (NU). Selain itu, Marwan juga mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini tergolong loyal dan komitmen terhadap perjuangan pesantren dan NU.

Dengan gambaran singkat tentang sepak terjangnya itu, boleh jadi, kans Marwan untuk menduduki kursi Menpera menguat. Isu yang berkembang, kalangan profesional tak mungkin mendapat tempat untuk memuncaki posisi Menteri Perumahan Rakyat (Kemenpera), terutama jika Jokowi-JK memilih sosok orang nomor satu di Kemenpera itu hanya dari unsul partai politik. Tak lain, hal itu terkait perkembangan politik aktual dan juga menguatnya wacana menjadikan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) sebagai kementerian yang berdiri sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com