Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Burj Khalifa, Babak Baru Persaingan Pencakar Langit Dunia

Kompas.com - 20/10/2014, 18:22 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Dimulai pada 1889 dengan Menara Eiffel di Paris, Perancis, kemudian disusul bangunan Empire State di New York pada 1931, persaingan menara pandang (observational deck) memulai babak baru seiring dibukanya lantai 148 Burj Khalifa Sky di Dubai.

Tinggi Burj Khalifa adalah 2.717 kaki atau 828 meter dengan menara pandang terbaru yang berada pada lantai 148, yakni pada ketinggian 555.7 meter. Tinggi gedung tersebut mengalahkan rekor yang dimiliki Canton Tower di Guangzhou, China, di ketinggian 488 meter.

Lantai 148 adalah observasi dek Burj ketiga. Sebelumnya, Burj dibuka untuk umum pada lantai 124, kemudian pada lantai 125.

www.burjkhalifa.ae Lantai 148 adalah observasi dek Burj ketiga. Sebelumnya, Burj dibuka untuk umum pada lantai 124, kemudian pada lantai 125.

"Kami mengukur seluruh perjalanan ke Burj Khalifa dengan memberikan pengalaman yang dapat menjadi kenangan seumur hidup bagi seluruh pengunjung," kata Ahmad Al Falasi of Emaar Properties, pemilik Burj Khalifa.

"Kami senang Khalifa dapat meraih gelar Guinnes World Records, yang berarti menambah kesuksesan Burj Khalifa dan meningkatkan reputasi kami," ujarnya.

Harga pemesanan tiket menuju dek baru ini adalah 400 dirham atau sekitar Rp 554.000, termasuk sampai pada lantai 125. Untuk pembelian tiket langsung, pengunjung dikenai biaya 500 dirham atau Rp693 ribu, tergantung ketersediaan tiket.

Tak disangka, para pengunjung yang diundang sangat terkejut saat berkunjung sehari sebelum pembukaan.

"Saya tinggal 20 tahun di Dubai dan ini adalah kunjungan pertama saya ke Burj Khalifa. Ini luar biasa," kata Zena Louay seperti dikutip dari The National.

"Pemandangannya sangat mempesona. Anda tidak akan melihat bagaimana Dubai berkembang, sampai Anda melihatnya dari atas sini," tambah dia.

www.thenational.ae Sejak Burj Khalifa dibuka empat tahun lalu, banyak orang terinspirasi untuk memecahkan rekor di sana, mulai mendakinya hingga rekor untuk lompatan tertinggi dari atas gedung itu.

Rekor Dunia

"Daerah ini dan UEA (Uni Emirate Arab) memiliki sejumlah besar rekor dunia," kata Talal Omar dari Guinness World Records.

UAE sendiri, memegang lebih dari 130 rekor dunia. Dari semua rekor itu kebanyakan berasal dari Dubai.

Omar mengatakan, sejak Burj Khalifa dibuka empat tahun lalu, dia mendapati banyak orang terinspirasi untuk memecahkan rekor di sana.

"Kami memiliki daftar sejumlah orang yang mendaki Burj dan juga rekor untuk lompatan tertinggi dari atas gedung," kata Omar.

Al Falasi mengatakan, tahun lalu sebanyak 1.87 juta orang mengunjungi Burj Khalifa dan mungkin jumlahnya akan bertambah tahun ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com