Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Kuasai Pasar Apartemen di Surabaya

Kompas.com - 16/10/2014, 10:54 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Investor masih menguasai pasar apartemen strata Surabaya dalam konfigurasi pembelian selama kuartal III 2014. Dominasi investor tersebut terutama untuk segmen menengah bawah dengan komposisi lebih dari 60 persen ketimbang 40 persen pengguna akhir (end user).

Head of Surabaya JLL Indonesia, Joseph Lukito, menjelaskan segmen menengah apartemen strata di ibu kota Jawa Timur itu sangat menarik. Pasar menengah menawarkan prospek investasi menjanjikan yang berasal dari aktivitas transaksi resales atau penjualan kembali.

"Apalagi kalau lokasinya di sebelah barat, dan timur, sebagai pangsa pasar pasangan dan profesional muda. Mereka yang tidak memiliki kemampuan daya beli rumah landed di pusat kota yang harganya sudah demikian tinggi akan memilih apartemen menengah bawah," kata Joseph kepada Kompas.com, Rabu (15/10/2014).

Joseph menyebut contoh apartemen Water Palace yang dikembangkan Pakuwon Group. Harga perdana saat diluncurkan tiga tahun lalu masih sekitar Rp 300 juta, sekarang sudah menembus angka Rp 600 juta di pasar seken.

"Pembeli dan investor banyak membidik apartemen menengah bawah karena prospek penjualan kembali yang menguntungkan. Pasar apartemen Surabaya belum memasuki tahap menaarkan keuntungan yield atau imbal hasil dari penyewaan," tambah Joseph.

Saat ini, harga apartemen strata untuk kelas menengah bawah berkisar antara Rp 9 juta-Rp 11 juta per meter persegi, dengan pertumbuhan harga 10-27 persen per tahun. Sementara itu, harga apartemen strata kelas menengah berada pada level Rp 16 juta-Rp 17 juta per meter persegi dengan tawaran pertumbuhan 8-19 persen, dan kelas atas sekitar Rp 24 juta-Rp 35 juta per meter persegi dengan pertumbuhan 7-26 persen per tahun.

Secara umum, riset JLL Indonesia menunjukkan, apartemen strata kelas atas masih terbatas dan masih terkonsentrasi di kawasan CBD. Demikian halnya dengan apartemen kelas menengah.

Secara kumulatif, Surabaya mengoleksi sebanyak 9.142 unit apartemen strata yang terdistribusi di kawasan barat 4.063 unit atau 44 persen, timur 3.657 unit atau 40 persen, selatan 882 unit (10 persen), dan pusat 540 unit atau 6 persen. Hingga 2017 mendatang, Surabaya bakal menambah 9.452 unit apartemen baru sehingga total pasokan mencapai 18.594 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com