Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Peritel Jepang Tergiur "Seksinya" Pasar Ritel Indonesia

Kompas.com - 07/10/2014, 17:50 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar ritel Indonesia, khususnya Jakarta yang dikategorikan sebagai "promising market", menggoda peritel international untuk memperluas bisnisnya. Peritel asal Jepang termasuk yang aktif mencari informasi dan giat bernegosiasi harga ruang ritel dengan landlord atau pemilik gedung pusat belanja.

Associate Director Retail Service Colliers International Indonesia, Steve Sudijanto, mengutarakan ketertarikan peritel Jepang dan berniat melakukan ekspansi di Jakarta kepada Kompas.com, Selasa (7/10/2014). Steve mengatakan, ada tiga peritel kelas menengah atas asal negeri Sakura tersebut yang berencana membuka gerai perdananya di Jakarta. Mereka adalah yang juga menjadikan Singapura sebagai basis bisnis di kawasan Asia Tenggara, yakni Takashimaya, Isetan, dan Ginza.

"Ketiganya menunjukkan ketertarikan akan dinamisnya pasar ritel dan pusat belanja di Jakarta. Mereka mengacu pada kesuksesan Sogo, Uniqlo, dan lain-lain," tambah Steve.

Di antara ketiga peritel yang mengusung konsep "department store" tersebut, lanjut Steve, satu di antaranya dipastikan akan hadir di Jakarta dalam rentang waktu 2015 dan 2016.

"Saya belum bisa menyebut nama. Namun mereka sudah memastikan akan hadir di Jakarta," ujar Steve.

Kehadiran nama baru tersebut menggenapi pemain ritel menengah atas Jepang lainnya yang sudah lebih dulu eksis di pasar ritel Indonesia, yakni Seibu Department Store, Sogo Department Store, dan Muji Department Store. Menyusul kemudian AEON Department Store yang akan beroperasi pada 2015 mendatang. Baca: Tangerang, "Surga" Belanja Kelas Menengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com