Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Seharusnya Student Center Universitas Dirancang!

Kompas.com - 02/10/2014, 17:34 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah universitas sudah selayaknya memiliki student center atau tempat kegiatan mahasiswa dan mahasiswinya. Student center juga dianggap sebagai "ruang tamu" kampus yang menghubungkan, baik hubungan formal dan informal antara mahasiswa, fakultas, dan staf pengajar.

Sebuah universitas di Doha, Qatar, tahu benar cara membuat sebuah student center nyaman dan modern. Universitas itu adalah Hamad bin Khalifa University, yang bekerjasama dengan Legoretta + Legoretta membuat sebuah pusat kegiatan mahasiswa guna menjadikan masyarakat kampusnya nyaman. Di dalamnya terdapat pusat kesehatan, konseling, fasilitas penginapan dan rekreasi yang saling terhubung oleh ruang komunal.

www.designboom.com Di dalamnya terdapat pusat kesehatan, konseling, fasilitas penginapan dan rekreasi yang saling terhubung oleh ruang komunal.
Soal eksterior, para perancang student center ini terinspirasi oleh pasar-pasar tradisional di Qatar. Selain itu, mereka menciptakan kemiripan antara arsitektur Arab dan Meksiko dalam gedung ini.

Dibangun menggunakan beton, student center tersebut memiliki dinding tebal dengan batu berlapis. Sebaliknya, gedung olahraga dibuat menggunakan struktur baja. Jendela-jendela di barat dan timur dilengkapi jeruji memberikan efek berbayang untuk mengurangi penerimaan cahaya matahari ke dalam ruangan.

www.designboom.com Halaman 'helix' menjadi pusat dari fasilitas student center. Di sana terdapat sebuah taman yang dilengkapi patung dengan rancangan helix atau spiral yang dibuat oleh seniman Jan Hendrix.
Halaman 'helix' menjadi pusat dari fasilitas student center. Di sana terdapat sebuah taman yang dilengkapi patung dengan rancangan helix atau spiral yang dibuat oleh seniman Jan Hendrix.

Halaman 'helix' juga dilengkapi fitur jet air dan 200 pelat alumunium individu yang membentuk pola organik dan pengaturan kontemplatif. Budaya lokal berupa majelis, waktu berkumpul di luar rumah untuk membuat percakapan berarti, juga telah dibuatkan dan ditempatkan pada persimpangan kompleks student center.

www.designboom.com Halaman 'helix' juga dilengkapi fitur jet air dan 200 pelat alumunium individu yang membentuk pola organik dan pengaturan kontemplatif.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com