Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Garden City Tambah Klaster Baru

Kompas.com - 30/09/2014, 20:08 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitra Sindo Sukses, anak usaha PT Modernland Realty Tbk, kembali berencana meluncurkan klaster baru, Thames, di kawasan Jakarta Garden City (JGC), Jakarta Timur, tepatnya di Jl Raya Cakung-Cilincing, exit tol Cakung Timur. Rencana tersebut menyusul kesuksesan Mitra Sindo memasarkan 200 rumah di klaster Mississippi hanya dalam beberapa jam pada akhir Mei 2014 lalu. 

Untuk rencana tersebut, Mitra Sindo menyiapkan investasi sebesar Rp 825 miliar. Rencananya, penjualan perdana klaster tersebut dilakukan pada 18 Oktober 2014 mendatang di JGC.

"Lokasinya di kawasan pengembangan tahap kedua River Garden, luasnya 100 hektar. Ini sangat dimungkinkan karena adanya sungai yang cukup besar di tengahnya," kata Andy K. Natanael, Direktur Utama, PT Mitra Sindo Sukses, pada acara agent gathering diikuti 1.600 agen properti, Selasa (30/9/2014).

Nantinya, lanjut Andy, kawasan River Garden akan terdiri atas 6 klaster. Klaster Thames sendiri akan terdiri dari dua subklaster, yakni, South Cluster seluas 6,6 hektar di sisi kanan, dan North Cluster seluas 4,9 hektar di kiri boulevard utama klaster.

"Total rumah di dua subklaster itu kurang lebih ada 600 unit," ujar Andy.

Menurut Andy, JGC merupakan kawasan yang masih terus tumbuh. Saat ini harga kaveling residensial di kawasan tersebut masih berkisar Rp8 juta - Rp9 juta per m2 dengan pilihan lebar kaveling yakni tipe L 6A (2+1 kamar tidur), tipe L 6B (3+1 kamar tidur), tipe L8 (3+1 kamar tidur) atau tipe L10 (4+1 kamar tidur). Adapun kaveling komersil senilai Rp12 juta per m2.

Untuk itulah, menurut Andy, dengan sasaran pasangan muda, harga rumah di klaster Thames dipasarkan mulai Rp 1,15 miliar per unit.

"Sudah naik dibandingkan yang di Mississippi," katanya.

Dalam kurun waktu dua hingga tiga tahun mendatang, Andy mengatakan, harga diproyeksikan bakal naik 100 persen menjadi sektar Rp18 juta per m2, bahkan lebih. Menurut Andy, asumsi perhitungannya adalah harga tanah di Kelapa Gading sudah mencapai Rp20 juta per m2. 

"Ditambah harga tanah di perumahan besar di Bekasi yang lokasinya tidak jauh dari JGC sebesar Rp10 juta per m2," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com