Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Los Angeles Anulir Peraturan Gedung Beratap "Helipad"

Kompas.com - 30/09/2014, 15:24 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Pimpinan kota Los Angeles membatalkan regulasi yang mengatur setiap gedung harus memiliki fasilitas pendaratan helikopter. Peraturan ini dikritik karena telah membuat pemandangan "skyline" atau cakrawala kota kurang menarik; semua gedung beratap rata.

Wali Kota Eric Garcetti menyarankan untuk mengubah kebijakan "bodoh" tersebut. Hal ini ia lakukan agar memberi ruang kepada arsitek untuk mengembangkan desain dengan ujung yang runcing dan detail beragam.

"Saya ingin melihat desain yang inovatif. Saya ingin melihat desain yang bagus. Tapi, untuk itu, saya harus menarik kembali apa yang pernah kami putuskan sebelumnya. Saya ingin lingkungan terlihat menarik, dan saya ingin gedung-gedung kita terlihat ikonik," kata Garcetti.

Los Angeles adalah satu-satunya kota di Amerika Serikat yang memiliki peraturan tersebut. Peraturan ini ada sejak 1970an, saat Pemadam Kebakaran Los Angeles meminta setiap gedung memiki pendaratan untuk helikopter agar memudahkan evakuasi penghuni gedung dan petugas memasuki gedung saat terjadinya kebakaran.

Banyak pakar keselamatan kebakaran berpendapat bahwa pemakaian helikopter sudah ketinggalan zaman. Selain itu, helikopter yang terbang dekat menara terbakar akan berbahaya. Para pakar berargumen bahwa lift khusus untuk petugas pemadam kebakaran dan tangga tambahan untuk pengunjung justru lebih aman.

Arsitek juga mengeluh bahwa mereka merasa terbatas dengan adanya kebijakan tersebut. Mereka tidak bisa merancang bangunan dengan kubah, ujung lancip, atau atap yang berbentuk.

Mantan Wali Kota Antonio Villaraigosa meminta agar peraturan tersebut dibatalkan, setelah ia kembali dari perjalanan perdagangan ke Asia pada 2006. Ia mempertanyakan kenapa kaki langit Los Angeles terlihat rata dibandingkan dengan kaki langit kota Hongkong dan Tokyo yang bervariasi.

"Budaya Pemadam Kebakaran kita perlu diubah," kata Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles, Ralph Terrazas.

Di bawah peraturan baru, pengembang bisa memilih untuk memasang fitur keamanan lain, seperti lift khusus.

Kebijakan ini diharapkan dapat memengaruhi seluruh pusat kota dan lingkungan lain yang memperbolehkan bangunan tinggi. Peraturan ini diubah pada beberapa area tertentu yakni Woodlands Hills'Warner Center. Di area tersebut akan terdapat bangunan yang beragam.

Mantan Komisaris Perencanaan Los Angeles dan Dewan Kota, Michael Woo mendorong wali kota  untuk membatalkan kebijakan atap datar. Woo memprediksi akan terjadi perubahan pemandangan di Los Angeles. Ia pun menunjuk beberapa bangunan seperti, Empire State Building dan Chrysler Building di New York City.

"Garis langit adalah hal yang penting untuk menunjukkan identitas suatu kota. Tapi, Los Angeles telah membatasi diri dengan peraturan yang sudah usang ini," kata Woo.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com