Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Lotte World Tower", Bukan Sekadar Simbol Status...

Kompas.com - 24/09/2014, 12:09 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan pencakar langit yang sedang giat dikerjakan Korea Selatan, dianggap hal yang penting. Kendati untuk beberapa kasus hanyalah sebuah simbol status, namun bangunan-bangunan tinggi mampu merespresentasikan etos, kerja keras dan disiplin tinggi.

Negeri ginseng merupakan satu dari sekian banyak negara yang gandrung akan gedung-gedung mengangkasa. Saat ini, mereka tengah membangun empat gedung dengan ketinggian di atas 200 meter. Satu di antara pencakar langit ini adalah Lotte World Tower yang menjulang di atas 500 meter sehingga dikategorikan sebagai megatall.

Direktur Pusat Kebudayaan Korea, Rezky Seokgi Kim, mengatakan, pencakar langit memang hanya merupakan simbol status.

"Namun, itu sekaligus bisa menegaskan status kemajuan ekonomi. Keberadaan pencakar langit tetap penting untuk menunjukkan kepada dunia mengenai keberhasilan sebuah bangsa, keberhasilan sebuah perusahaan, dan juga potret etos kerja dan kebudayaan," ujar Kim saat ditemui Kompas.com, Rabu (23/9/2014).

Dia menambahkan, untuk perusahaan-perusahaan dengan cakupan global, berkantor atau memiliki pencakar langit high profil sangat penting. "Itu untuk menarik minat pasar, dan juga penyewa. Perusahaan jasa keuangan, perbankan, dan asuransi, perlu berkantor di gedung seperti ini," imbuh Kim.

Lotte World Tower, contohnya. Struktur ini dimiliki oleh Lotte Group, sebuah imperium bisnis di bidang ritel. Lotte World Tower mencakup hotel dan perkantoran yang dirancang oleh arsitek ternama Kohn Pedersen Fox Associates yang juga mendesain Energy Tower Jakarta. Ketinggian gedung ini, bahkan mengalahkan One World Trade Center yang dibanggakan rakyat Amerika Serikat.

Menurut Council on Tall Buildings and Urban Habitat yang berbasis di Chicago, Amerika Serikat, Lotte World Tower merupakan gedung tertinggi kesepuluh di dunia yang sedang dibangun. Gedung ini hanya kalah menjulang dari Kingdom Tower, Burj Khalifa, Suzhou Zhingnan Center, Ping An Finance Center, Wuhan Greenland Center, Shanghai Tower, Makkah Royal Clock Tower, Goldin Finance 117, dan Pearl of The North.

Selain Lotte World Tower dan tiga gedung jangkung yang sedang dalam tahap konstruksi, Korea Selatan juga bakal menambah koleksi pencakar langit dengan kategori supertall  atau gedung dengan ketinggian di atas 300 meter. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 14 gedung yang seluruhnya dalam status proposed dan vision.

Keempatbelas proyek baru tersebut adalah:

1. Sewun International Finance Tower setinggi 965 meter
2. Lotte Wrold II Tower (800 meter)
3. Dream Hub Archipelago Main Tower (665 meter)
4. Seoul Light DMC Tower (640.4 meter)
5. Triple One (620 meter)
6. International Business Center (580 meter)
7. Hyundai Global Business Center (539.8 meter)
8. Hangang City Tower (514 meter)
9. Millenium Tower 130 (510 meter)
10. Songdo Dawoo Tower (510 meter)
11. Dancing Dragon Tower (446 meter)
12. World Business Center Solomon Tower (408 meter)
13. Block H (385,9 meter)
14. HUD Triple Square (375.7 meter)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com