Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Macan Asia" Ini Diperebutkan Jaringan Hotel Mewah Global

Kompas.com - 23/09/2014, 20:34 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu "macan Asia", Vietnam, tengah bersiap melompat lebih tinggi di sektor perhotelan. Investasi jutaan dollar AS mengalir deras ke negeri ini yang terus memperlihatkan kinerja pertumbuhan ekonomi positif.

Merek-merek hotel internasional beken berlomba memperluas wilayah ekspansinya. Mereka masuk Vietnam karena tawaran pasar potensial serta dukungan pemerintah yang merilis regulasi ramah investasi serta percepatan pembangunan bandar udara di berbagai kota.

Menurut hasil riset TOPHOTELPROJECTS, saat ini sejumlah nama besar jaringan operator hotel internasional akan membuka portofolio baru. Sebut saja Marriott Inc yang akan mengoperasikan JW Marriott Vinh Hoi Bay Resorts and Spa sebanyak 320 kamar. Hotel ini akan dibuka pada Oktober 2015.

Menyusul The Ritz-Carlton Vinh Hoi Bay yang mencakup 100 kamar dan dijadwalkan beroperasi pada Juni 2015. Berikutnya Six Senses sebanyak 136 kamar. Hotel di Latitude Phu Quoc ini bakal dibuka untuk publik pada semester dua tahun yang sama. Terakhir adalah Four Seasons Cham Island Resort, 75 kamar dan beroperasi Maret 2015.

Sementara, "macan Asia" lainnya, yakni Indonesia, tak kalah maju dengan keberhasilannya menarik minat international chain operator. Beberapa brand  global semacam Westin, W, dan St. Regis yang merupakan jaringan Grup Starwood Hotels, Grup Hilton Hotels yang mengusung Waldorf Astoria, Raffles Hotels and Resorts, dan Rosewood Hotels and Resorts berlomba menggarap pasar dengan populasi 241 juta jiwa ini.

Dari sekian banyak merek hotel supermewah tersebut, Jakarta bakal menjadi wilayah ekspansi mereka. Di ibu kota ini, setidaknya akan hadir tujuh hotel supermewah, yakni Fairmont Jakarta, St Regis Hotel, Westin Hotel, W Hotel, Raffles Hotels and Residences, Rosewood Jakarta, dan The Langham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com