Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Cat Tak Harus Repot, Bisa Melalui "Smartphone"

Kompas.com - 18/09/2014, 17:46 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memuaskan pelanggannya, Nippon Paint meluncurkan aplikasi Nippon Paint Colour Creation bagi pengguna ponsel pintar berbasis Android dan iOS. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memilih warna secara langsung pada foto ruangan.

"Banyak orang melihat bahwa memilih warna dan cat adalah pekerjaan yang memusingkan. Karena alasan inilah, kami menciptakan aplikasi Nippon Paint Colour Creation," ujar CEO Decorative Paints Nippon Paint, Jon Tan, saat konferensi pers di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Caranya cukup mudah. Pertama, ambil foto ruangan yang akan dicat. Kemudian, pilih warna yang diinginkan dan aplikasikan langsung ke gambar. Pengguna juga dapat memadupadankan skema dan palet warna sesuai keinginan.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna melihat bagaimana variasi skema warna secara instan, serta mengubah ruangan menjadi karya seni, tanpa menggunakan setetes pun cat.

Sementara itu, praktisi desain interior, Santi Alaysius, mengatakan, fitur pada aplikasi Nippon Paint Colour Creations membantunya dalam bekerja. "Sangat membantu saya, membantu klien. Warna ruangan dapat langsung divisualisasikan dengan realistis," kata Santi.

Menurut dia, aplikasi tersebut juga menghemat waktunya. Ada kalanya klien meminta warna yang cocok untuk cat tembok ruangan mereka. "Saya bilang warna biru muda. Belum tentu persepsi kami sama. Birunya seperti apa," kata Santi.

Meski begitu, aplikasi ini tidaklah sempurna. Terdapat kelemahan jika digunakan pada ponsel pintar berplatform Android. Pada platform satu ini, aplikasi seringkali mengalami crash. "Tidak hanya aplikasi ini, semua aplikasi di Android juga sering seperti itu. Tapi, Pihak Nippon Paint harus fokus di Android. Karena pengguna Android cukup besar di tanah air. Kalau di iOS tidak ada masalah," kata pengamat gadget, Cak Uding.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com