Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Punya 19 Miliarder dengan Total Kekayaan Rp 538,3 Triliun

Kompas.com - 18/09/2014, 15:04 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com  Tahun ini, Indonesia memiliki 19 miliarder dengan total kekayaan senilai 45 miliar dollar AS atau ekuivalen Rp 538,3 triliun. Jumlah populasi orang kaya ini menempatkan Indonesia di urutan kedelapan dalam daftar miliarder Asia.

Posisi pertama ditempati Tiongkok yang memiliki miliarder paling banyak, yakni 190 orang, diikuti India (100), Hongkong (82), Jepang (33), dan Singapura (32).

Taiwan berada di posisi keenam dengan 29 orang. Menyusul Korea Selatan di peringkat ketujuh dengan 21 miliarder, dan Thailand di tempat kesembilan dengan 17 miliarder. Filipina berada di posisi buncit dengan 13 miliarder.

Menurut sensus Wealth-X dan UBS Bank Swiss, kendati berada di posisi kedelapan, tetapi populasi miliarder Indonesia tahun ini menyusut dari tahun lalu sebanyak 23 miliarder dengan total aset 47 miliar dollar AS atau setara Rp 562,2 triliun.

Para miliarder Indonesia ini merupakan konglomerat yang bergerak di sektor properti, industri, tambang, dan manufaktur. Kekayaan mereka berasal dari bisnis keluarga yang merupakan bagian integral dari negara berkembang. Hal ini tidak jauh berbeda dengan miliarder asal negara Thailand, Filipina, dan bahkan Tiongkok sendiri.

Sensus tersebut juga menunjukkan bahwa orang-orang tajir Tiongkok mengalami pertumbuhan kekayaan tercepat dibanding miliarder lainnya di seluruh Asia dan bahkan dunia. Negara ini menambah 33 miliarder baru atau 63,5 persen dari total 560 miliarder Asia.

Jika kekayaan semua miliarder Asia itu digabungkan maka akan menghasilkan aset sebesar 1,41 triliun dollar AS atau tumbuh 18,7 persen dari tahun lalu. Dengan demikian, populasi orang kaya Asia berada di tempat ketiga di belakang Eropa dan Amerika Utara.

Asia menyumbang 30 persen dari kenaikan kekayaan bersih miliarder global pada 2014 ini. Sementara jumlah orang kaya dunia tumbuh 7,0 persen atau meningkat 155 orang dari tahun sebelumnya menjadi 2.325 miliarder. Kekayaan gabungan secara total mencapai 7,3 triliun dollar AS atau naik 12 persen.

"Munculnya Asia sebagai lokomotif ekonomi global sudah dimulai, dan kinerja miliarder di kawasan ini menggambarkan betapa kuat wilayah ini dan banyaknya kesempatan untuk melipatgandakan kekayaannya," kata laporan itu.

Miliarder Asia juga termasuk yang termuda di seluruh dunia. Usia mereka rata-rata 61 tahun, dengan hanya 13 persen memiliki sepenuhnya yang mewarisi kekayaan keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com