Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inspiratif... Rumah Hemat Energi ala Italia!

Kompas.com - 18/09/2014, 11:33 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Rumah ini berlokasi di desa Enneberg, Italia, pada ketinggian 1.200 meter. Terdiri atas dua bagian dan dibangun pada 2013. Bangunan ini seolah "terhuyung", karena terlihat disisipkan secara hati-hati di sisi bukit.

Ornamen daerah dan fitur yang khas menambah istimewa rumah ini. Ornamennya antara lain, saddle roof, loggia atau balkon, dan fasad kayu. Uniknya, ornamen tersebut dipasang pada bangunan ini dengan cara yang baru, murni, dan independen.

Arsitek Pedevilla mengganti material bangunan dengan bahan-bahan yang mencirikan lingkungan tersebut, yaitu batu dolomit untuk beton ekpos, pohon pinus cembra dan pohon larch. Dia juga menyesuaikan pemasangannya dengan gaya masa kini dan masa depan. Kayu pinus cembra yang hangat dan bahan flanel dipadukan dengan beton ekspos di dalam ruangan.

Sumber energi rumah ini berasal dari energi geotermal dan energi solar yang diproduksi sebuah pembangkit listrik tenaga matahari. Hal tersebut juga yang membuat bangunan ini hemat energi. Benar-benar hemat!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com