Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalangan Muda, Sasaran Baru Pengembang Perumahan

Kompas.com - 18/09/2014, 10:34 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

SERPONG, KOMPAS.com - Bisnis properti di Indonesia semakin menjanjikan. Presiden Direktur PT Paramount Land, Ervan Adi Nugroho, mengatakan, telah melakukan kajian sebelum merencanakan dan meluncurkan produknya.

Kajian tersebut menghasilkan fenomena banyak kalangan muda yang membutuhkan hunian baru. Inilah yang membuat PT Paramount Land fokus mengembangkan hunian untuk memenuhi kebutuhan pangsa pasar anak muda.

"Kami mencari produk yang memang tepat dan mengena. Lalu kami lihat, kebutuhan masyarakat memang di sini. Profil demografi penduduk kita ini, terdapat potensi besar pada level usia menengah, manajer-manajer menengah jumlahnya banyak," kata Ervan usai peluncuran La Bella @Arcadia Village, di Gading Serpong, Banten, Rabu (17/9/2014).

Masyarakat ini, kata Ervan, didominasi oleh keluarga muda yang memiliki satu atau dua anak kecil. Untuk harga jual, masyarakat usia produktif ini memiliki kemampuan pada rentang harga rumah antara Rp 750 juta sampai Rp 1,5 miliar. Lebih dari itu, mereka belum mampu.

Oleh karena itu, mereka pun lebih memilih rumah dengan skema KPR (khususnya BTN) dalam lingkungan dengan fasilitas pendukung. Fasilitas ini antara lain tempat pembelanjaaan, olahraga, dan kesehatan.

Dengan kebutuhan seperti itu, anak muda hanya memiliki pilihan hunian yang sifatnya apartemen atau landed house ukuran kecil. Mereka pada dasarnya tidak membutuhkan ruang-ruang yang tidak terlalu besar.

"Sekarang kita buka alternatif, tawarkan landed house, daripada apartemen. Toh, tetap bisa parkir mobil juga. Apartemen kan belum tentu dapat lahan parkir. Di sana rebutan," tutur Ervan.

Senada dengan Ervan, Direktur Design PT Paramount Land, Aryo Tri Ananto, juga mengungkapkan tipe perumahan La Bella diperuntukan bagi kalangan muda.

"Rumah-rumah tipikal ini pangsanya keluarga muda, yang benar-benar baru memulai hidupnya, karirnya. Yang mereka butuhkan, tipe-tipe yang seperti (La Bella) ini," kata Aryo.

Menurut dia, dengan harga yang tidak terlalu tinggi, yakni di bawah Rp 1 miliar, kalangan muda dapat menghuni rumah di Gading Serpong. Dengan strategi ini, animo masyarakat tinggi. Hal tersebut terlihat pada peluncuran 503 unit La Bella@Arcadia Village yang langsung "sold out" dalam hitungan jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com