Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Betul-betul Ekstrem... Desain Rumah Tergantung di Tepi Jurang!

Kompas.com - 11/09/2014, 15:42 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com — Perusahaan yang biasa membuat rumah cetakan telah meluncurkan konsep untuk kediaman modular yang posisinya menggantung di sisi jurang. Hal ini sudah dilakukan oleh perusahaan perumahan Australia, Modscape.

Modscape baru saja mengembangkan Cliff House atau rumah di sisi jurang saat merespons sejumlah klien yang meminta lokasi rumahnya di pesisir pantai yang ekstrem. Terdiri dari 5 lantai, hunian tersebut didesain melekat pada sisi vertikal permukaan berbatu.

"Terinspirasi dari cara Barnacle berpegangan pada lambung kapal, konsep ini dikembangkan untuk rumah modular yang menggantung pada sisi jurang, alih-alih berada di atasnya," kata Modscape.

Rumah tersebut lebih terlihat seperti sambungan alami dari jurang ketimbang sebagai bagian tambahan yang sengaja dibuat di dataran untuk menjalin hubungan dengan laut. Menurut tim perancangnya, konstruksi semacam ini tidak bisa menggunakan konstruksi konvensional.

Konsep Modscape adalah membuat lima susunan modul yang tertancap pada jurang dengan menggunakan desain pin baja. Atap rumah yang menempel pada tanah memungkinkan dibuatnya pintu masuk. Malah, garasi yang biasanya berada di bawah gedung dibuat di lantai paling atas Cliff House ini.

www.dezeen.com Konsep Modscape adalah membuat lima susunan modul yang tertancap pada jurang dengan menggunakan desain pin baja. Atap rumah yang menempel pada tanah memungkinkan dibuatnya pintu masuk.
Sebuah anak tangga dan lift membuat pengunjung atau pemilik rumah menjangkau seluruh gedung. Anak tangga dan lift ini juga membuat sebuah pemisahan yang natural antara dua sisi rumah.

"Peralatan atau aksesori di dalam rumah dibuat seminimal mungkin untuk menekankan pemandangan laut," kata si perancang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com