Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maestro "New Urbanism" Andrés Duany Berulang Tahun ke-65

Kompas.com - 08/09/2014, 13:45 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Mitra pendiri perusahaan Miami Arquitectonica-Duany Plater-Zyberg & Company dan salah satu pendiri Kongres Urbanisme Baru (New Urbanism), Andrés Duany, berulangtahun yang ke 65, kemarin (Minggu, 7/9/2014).

Sebagai penasihat New Urbanism, sejak 1980-an Duany telah berperan menciptakan desain perkotaan yang ramah pejalan kaki, tata perumahan yang apik, serta pergerakan aktif untuk perkotaan modern selama beberapa dekade sebelumnya.

Pria yang lahir di New York ini, adalah salah satu dari lima pendiri Arquitectonica pada tahun 1977. Namun, ia dan istrinya, Elizabeth Plater-Zyberg, meninggalkan perusahaan tersebut untuk membidani kelahiran Duany Plater-Zyberg & Company.

Dengan fokus baru mereka pada urbanisme, Duany dan Plater-Zyberg membantu mendirikan Kongres New Urbanism dan menjadi anggota yang paling berpengaruh. Pada 1980-an, mereka merancang Seaside di Florida, yang menjadi model awal untuk New Urbanism, yang pada tahun 1989 dipilih oleh majalah Time sebagai salah satu dari "Best of Decade" prestasi desain.

Sejak itu, mereka telah merancang kota-kota dan lingkungan di seluruh Amerika Serikat dan dunia. Prinsip-prinsip New Urbanism juga telah menyebar secara luas, dengan penasihat utama Pangeran Charles, yang memulai penciptaan Poundbury di Inggris dan dirancang oleh Léon Krier.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com