Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Scotland Yard, Kantor Polisi yang "Ngetop" Itu Dijual Rp 4,7 Triliun!

Kompas.com - 03/09/2014, 10:50 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

LONDON, KOMPAS.com - Ingin punya situs dengan sejarah kriminal pada masa lalu? Bila berminat, Anda butuh merogoh kocek minimal 250 juta poundsterling atau setara Rp 4,7 triliun.

Kantor Scotland Yard, salah satu kepolisian paling populer namanya di dunia, dilego. Penjualan kantor di kawasan Victoria, London, Inggris, itu diumumkan Selasa (2/9/2014) kemarin.

Bangunan 22 lantai seluas 56.000 meter persegi itu berada di sudut blok perkantoran, yang dari sana cukup dengan berjalan kaki, bisa menjangkau Gedung Parlemen dan Istana Buckhingham. Kantor tersebut telah menjadi "rumah" bagi para polisi Inggris, sejak 1967.

Logo di luar gedung tersebut relatif mudah dikenali lantaran saking seringnya menjadi latar dari beragam pernyataan kasus hukum di depan gedung tersebut. Namun, gedung buatan 1960-an itu pada akhirnya menjadi terlalu mahal perawatannya. Desainnya pun tak lagi menarik untuk rancangan tempat kerja modern.

"Ini adalah bangunan yang sangat mahal untuk pemakaian dan pengoperasiannya," kata Craig Mackey, Wakil Kepala Scotland Yard.

"Bila kami bertahan di sini, (pengoperasiannya) butuh dana 50 juta poundsterling," tambahnya.

Sebaliknya, kata Mackey, bila para petugas polisi pindah ke gedung baru di dekat kantor lama, uang hasil penjualan gedung lama dan penghematan uang operasional bisa dipakai untuk investasi bagi para petugas polisi di garis depan.

Investasi tersebut, lanjut Mackey, termasuk wacana melengkapi para polisi dengan kamera yang dipasang di badan petugas. Selain itu, ada juga telepon pintar dan tablet yang akan memudahkan mereka membuat laporan kepolisian tanpa harus kembali ke kantor.

Perusahaan yang menangani penjualan gedung tersebut, Simon Hodson of Jones Lang LaSalle, menyimpan beragam kepentingan Inggris dan internasional. Meski demikian, bakal pembeli gedung ini diperkirakan tak tertarik mempertahankan bangunan lawas, yang antara lain turut dipopulerkan oleh novel fiksi Sherlock Holmes dan Hercule Poiron.

"Ini akan dihancurkan, hampir pasti," ujar pernyataan Hodson.

Di depan gedung, sekarang terpampang "New Scotland Yard". Papan nama baru tersebut akan ikut pindah bersama para petugas polisi, ke gedung mereka yang anyar, di Gedung Curtis Green, di Victoria Embankment.

Nah, berminat menawar kantor Lestrade, si inspektur polisi di novel Sherlock Holmes, ini? Silakan....

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com