Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Project Love", Mengubah Kisah Cinta Menjadi Benda Tiga Dimensi

Kompas.com - 02/09/2014, 11:37 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Estudio Guto Requena bekerja sama dengan studio Sao Paolo berhasil mengerjakan "the project love", yakni integrasi desain, ilmu pengetahuan dan teknologi yang menangkap emosi seseorang, dan mengubah perasaan tersebut menjadi sebuah benda nyata yang dapat dilihat sehari-hari.

Proyek ini memperlihatkan bahwa sebuah produk dapat menyimpan sejarah individu yang sangat rahasia sekalipun, seperti kisah cinta. Bahkan dengan desain yang berkelanjutan. Untuk membentuk satu benda, serangkaian sensor diterapkan kepada para peserta selama mereka bernarasi tentang kisah cinta mereka; ada sensor yang membaca aktivitas otak, sensor perekam suara dan memonitor detak jantung.

Selama peserta berbicara, berada di ruangan yang terisolasi sehingga dapat lebih leluasa mengekspos perasaan mereka. Data yang diambil dari emosi mereka, disampaikan melalui perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus. Melalui grafis interface yang dibuat dari  piranti lunak grasshopper, informasi ini mencetak setiap aspek dari objek desain yang kemudian dibuat menggunakan mesin cetak tiga dimensi (3D).

Mesin cetak 3D terbukti telah menciptakan sebuah benda yang menginterpretasikan data yang dikumpulkan, mengubah berbagai input ke dalam satu bahasa dan memungkinkan visualisasi real-time atas kondisi emosional peserta.

Statistik ini kemudian dikirim ke program yang memeragakan objek tiga dimensi, menggunakan sistem unik 'partikel'. Sensor suara merespon kecepatan partikel tersebut saat mencetak benda, sementara detak jantung mengontrol ketebalan partikel dan gelombang otak yang menyebabkan partikel harus menjauh atau menarik satu sama lain.

Versi pertama dari percobaan ini membentuk model dengan tiga objek yang berbeda; vas, lampu dan mangkuk buah. Produk akhir yang divisualisasikan pada komputer dan akhirnya dikirim ke mesin cetak 3D dapat merumuskan objek dalam berbagai bahan, seperti poliamida, kaca, keramik atau logam. Setiap produk tercipta sangat unik dan berisi emosi paling intim dari kisah cinta para peserta.

Tim desain saat ini sedang dalam proses pengembangan aplikasi, agar siapa pun, dimana pun, dapat menceritakan kisah cinta mereka sendiri dan memvisualisasikan secara real time, melalui ponsel mereka.

Berikut proses penciptaan "The Project Love" berbasis kisah asmara:


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com