Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih... Kamar Belajar dan Bermain ala Rusia!

Kompas.com - 02/09/2014, 07:00 WIB
Latief

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com - Sebuah tempat tidur gantung mezzanine, tempat duduk beroda berbentuk kubus, serta gabungan tangga dan rak buku dirancang masuk dalam satu ruangan anak-anak. Dirancang oleh studio desain asal Rusia, Ruetemple, integrasi ketiganya cocok untuk mengisi kamar anak sekaligus ruang belajar dan bermain kakak dan adik.

Dinamai dengan Interior for Students, rancangan tersebut menempati sebuah kamar dua lantai di sebuah rumah keluarga di Rusia. Ruetemple merancangnya untuk memberikan ruang menarik untuk membuat kakak dan adik belajar dan bermain bersama. Tak terkecuali ketika mereka ingin mengundang teman-temannya datang ke rumah.

www.dezeen.com Ruetemple merancangnya untuk memberikan ruang menarik untuk membuat kakak dan adik belajar dan bermain bersama. Tak terkecuali ketika mereka ingin mengundang teman-temannya datang ke rumah.
"Ini adalah untuk rumah di sebuah permukiman terpencil yang jauh dari kota besar," kata desainer Alexander Kudimov dan Daria Butahina kepada Dezeen.

"Klien kami mengeluh bahwa mereka tidak memiliki dinamika dalam hidup. Itulah sebabnya kami memutuskan untuk membuat interior yang tidak akan memungkinkan mereka, anak-anak itu, merasa bosan di rumah," tambahnya.

Ruetemple mengambil pendekatan ganda untuk memaksimalkan ruang seluas 33 meter persegi itu. Mereka merancang ruangan itu enak belajar dan dinamis untuk bermain.

"Kami putuskan menciptakan ruang yang bebas dari furnitur. Itu kami perlukan untuk merancang sebuah ruang belajar, menampung ruang tidur untuk tamu, dan ruang untuk berbagai jenis rekreasi sehingga siapa saja bisa duduk di antara buku, menonton film, atau asyik bermain di antara kerumunan teman-teman. Semua ada dalam satu ruangan," kata Kudimov.

www.dezeen.com Furnitur tetap ditambahkan untuk menghadirkan ruang kerja, meja, lemari, rak, serta tangga. Bahan yang sama digunakan untuk semua komponen tersebut sehingga lebih tampak seperti bagian dari furnitur.
Untuk lantai yang lebih rendah, mereka berdua merancang tempat duduk dan tempat tidur modular berbentuk kubus di atas roda. Keduanya terdiri dari tiga bagian yang dapat diatur sebagai "trio sofa" di sudut atau bentuk sofa memanjang. Bagian ini juga bisa ditutup untuk menyediakan tempat tidur atau "miniatur ruang" dalam ruangan.

"Kami menyarankan ide ini ke klien, karena kami harus menggabungkan banyak fungsi ke dalam satu ruangan kecil," katanya.

"Bentuk kubus dapat menjadi tempat santai yang nyaman, tempat tidur, dan ketika ada tamu modul ini dapat berputar ke samping dan diubah menjadi sofa. Benar-benar membebaskan ruangan," tambah Kudimov.

www.dezeen.com Kekosongan pada mezzanine telah ditutupi dengan konstruksi jaring atau hammock sebagai tempat tidur gantung besar. Selain untuk tidur, tempat tidur gantung ini juga nyaman untuk tempat membaca dan bersantai.
Integral

Di sudut lain dari ruangan itu, furnitur tetap ditambahkan untuk menghadirkan ruang kerja, meja, lemari, rak, serta tangga. Bahan yang sama digunakan untuk semua komponen tersebut sehingga lebih tampak seperti bagian dari furnitur.

"Kami ingin membuat furnitur itu terlihat seperti bagian integral dari ruangan, dan menghindari rasa fragmentasi," kata Kudimov.

Ia membiarkan lemari built in itu memenuhi dinding. Dia juga menambahkan rak di bawah tangga untuk memaksimalkan area penyimpanan. Sementara itu, layer dari potongan-potongan kayu berbentuk vertikal digunakan sebagai pembatas tangga, dan membantu menciptakan sebuah pemisah antara ruang belajar dan bermain di ruangan itu.

Sementara di lantai atas, kekosongan pada mezzanine telah ditutupi dengan konstruksi jaring atau hammock sebagai tempat tidur gantung besar. Selain untuk tidur, tempat tidur gantung ini juga nyaman untuk tempat membaca dan bersantai.

www.dezeen.com Sementara itu, layer dari potongan-potongan kayu berbentuk vertikal digunakan sebagai pembatas tangga, dan membantu menciptakan sebuah pemisah antara ruang belajar dan bermain di ruangan itu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com