Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Pohon, Rumah Masa Depan....

Kompas.com - 01/09/2014, 15:17 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Mulai mengecilnya ruang terbuka hijau di kota-kota besar membuat beberapa perusahaan arsitektur merancang inovasi pembangunan ruang terbuka hijau. Salah satunya adalah Vo Trong Nghia Architecs di Vietnam yang membuat sebuah prototipe 'House for Trees' atau rumah pohon.

Prototipe itu dibuat sebagai sebuah respon atas cepatnya perpindahan penduduk yang terjadi di Vietnam. Rumah pohon ini dibangun di Ho Chi Minh City, ibukota Vietnam yang daerahnya hanya ditutupi 0,25 persen tanaman hijau. Hunian ini berusaha semaksimal mungkin dibuat untuk menyambung kembali hubungan manusia dengan alam.

www.designboom.com Rumah pohon ini terdiri dari lima kotak beton yang digambarkan seperti sebuah perkebunan. Rumah pohon buatan Vo Trong Nghia Architetecs ini juga bisa berfungsi sebagai kolam, penahan air, serta mampu mengurangi risiko banjir.
Rumah pohon ini terdiri dari lima kotak beton yang digambarkan seperti sebuah perkebunan. Rumah pohon buatan Vo Trong Nghia Architetecs ini juga bisa berfungsi sebagai kolam, penahan air, serta mampu mengurangi risiko banjir.

Terletak di salah satu wilayah paling padat penduduknya di ibukota Vietnam, rumah pohon itu dikelilingi daratan dan hanya dapat diakses melalui jalan kaki. Rumah ini dirancang dengan bahan-bahan lokal dan alami. Dinding luarnya terbuat dari beton dengan bekisting bambu. Sementara untuk penyelesaiannya digunakan bata-bata lokal. Pembangunan rumah pohon tersebut diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar 156,000 dollar ASatau setaraRp1,8 miliar lebih.

www.designboom.com Rumah ini dirancang dengan bahan-bahan lokal dan alami. Dinding luarnya terbuat dari beton dengan bekisting bambu. Sementara untuk penyelesaiannya digunakan bata-bata lokal.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com