Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sangkar Aneh di Ruang Publik

Kompas.com - 01/09/2014, 13:57 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Kebodohan adalah kata yang jarang digunakan dalam arsitektur. Menurut definisinya, 'kebodohan' adalah kurangnya akal sehat. Dalam dunia arsitektur, kata 'kebodohan' digunakan untuk menggambarkan struktur yang dihiasi secara berlebihan tanpa tujuan praktis.

Warren Techentin Architecture (WTARCH) misalnya, mengumpulkan inspirasi dari kata tersebut. Mereka membangun "kebodohan" sebagai karya seni instalasi lewat proyeknya La Cage aux Folles (The Cage of Follies).

"Sangkar Kebodohan": ini terbuat dari tabung baja yang dicat putih dan dipasang di Materials & Applications, pusat pameran di Los Angeles. Tak sekadar dipamerkan, La Cage aux Folles juga menjadi tuan rumah bagi berbagai pertunjukan musik dan kuliah.

WTARCH mendasarkan interaktivitas sebagai kunci La Cage aux Folles. Tujuannya, menciptakan kesempatan bagi pengunjung untuk bermain sambil mereka terhubung dengan ruang terbuka.

Pengunjung dan penikmat seni instalasi, bisa masuk melalui bukaan lembut berkontur di sangkar berbentuk silinder. Akses masuk ini membimbing pengunjung masuk ke dalam labirin udara terbuka.

La Cage aux Folles menawarkan suasana intim semi-tertutup dan memberikan perlindungan lembut dari hawa lingkungan sekitar. Sangkar ini menggabungkan berbagai platform untuk menampung tamu dari segala usia.

La Cage aux Folles dirancang berdasarkan Yurt Mongolia yang bersejarah, yakni sebuah tenda pelindung yang dikembangkan di zaman kuno.

Warren Techentin Architecture yang berbasis di Los Angeles, fokus bekerja pada bidang perumahan. La Cage Aux Folles dibuat oleh  Komisi Seni dan Departemen Kebudayaan Los Angeles, Perusahaan Baja, Aliansi Seni Pasadena dan Warhol Foundation.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com