Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kastil Beton Ini Dibuat dengan Mesin Cetak 3D

Kompas.com - 29/08/2014, 18:54 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Mesin cetak tiga dimensi membuka berbagai kemungkinan dalam dunia arsitektur. Mesin ini bisa memproduksi berbagai hal, mulai dari komponen konstruksi dengan desain rumit, hingga membuat bangunan.

Salah satu karya yang pantas diketengahkan adalah milik Andrey Rudenko. Dia menggunakan teknologi mesin cetak serupa.

Rudenko membangun kastil mini di Minnesota. Kastil tersebut tergolong cukup besar dan bisa dihuni oleh manusia. Tingkat kerumitan bangunan ini pun sedikit lebih tinggi ketimbang produk rumah hasil cetak tiga dimensi buatan perusahaan asal Tiongkok, Yingchuang New Materials.

Tidak hanya dinding mendatar, kastil karya Rudenko memiliki beberapa sisi melengkung. Dia juga membuat ornamen dan bagian puncak menara kastil dengan menggunakan teknologi yang sama.

Andrey Rudenko Proses pembuatan kastil Andrey Rudenko.
"Dengan teknologi baru ini, tidak mustahil mencetak dekorasi klasik dalam jumlah tak terbatas, begitu juga elemen dan bentuk baru. Teknologi sebelumnya membuat konstruksi inovatif cenderung sulit dan mahal," ungkap Rudenko, seperti dikutip dalam Designboom.

Menurut Rudenko, teknologi cetak semacam ini memungkinkan tim-tim desain dan perancangan konstruksi untuk mengimplementasikan ide-ide arsitektur yang sebelumnya tampak mustahil. Menurut Rudenko, teknologi ini sudah siap dan bisa membawa perubahan dalam dunia arsitektur beberapa tahun di masa depan.

"Sebelumnya saya sudah yakin bahwa saya bisa mencetak rumah. Namun, sukses menyelesaikan kastil, kini saya punya bukti bahwa teknologi tersebut sudah siap," pungkasnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com