Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Konstruksi di UEA Tembus Rp 3.675 Triliun!

Kompas.com - 23/08/2014, 18:39 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber albawaba
KOMPAS.com - Nilai proyek konstruksi di negeri petro dollar Uni Emirat Arab (UEA) selama 2014, diperkirakan menembus angka 315 miliar dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 3.675 triliun.

Menurut laporan EC Harris, hingga Mei 2014 saja, proyek konstruksi yang sedang berjalan sudah mencapai angka 212 miliar atau Rp 2.473 triliun.

Tingginya nilai konstruksi sepanjang tahun ini, kata EC Harris, didorong oleh sejumlah megaproyek infrastruktur, utilitas dan fasilitas publik yang diharapkan dapat mengembalikan pasar Uni Emirat Arab kembali normal pada jalurnya.

"UEA telah mengalami momentum pergeseran aktivitas selama dekade terakhir pasca krisis 2008, 2009 dan seterusnya yang merupakan tahun-tahun sulit. Nmaun, itu sudah berlalu, kini Uni Emirat Arab telah berubah dari periode negatif menjadi kondusif dengan inflasi rendah dan pertumbuhan ekonomi moderat," kata Partner and Head of Property and Social Infrastructure EC Harris, Christopher Seymour.

"Pasar akhirnya menunjukkan tanda-tanda nyata  pemulihan dan pertumbuhan sehingga sektor konstruksi akan tetap menguat hingga akhir tahun 2014," tambahnya.

Menurut Indeks Biaya Konstruksi EC Harris, ongkos konstruksi di UAE ditetapkan naik 4 persen hingga 5 persen selama tahun ini dan sekitar enam persen pada tahun 2015.

"Kami melihat tender di pasar yang mencakup berbagai proyek skala besar, menengah dan kecil. Sejauh ini, pasar menunjukkan profil yang sehat dengan peluang yang sama untuk kontraktor-kontraktor kecil, menengah serta kontraktor internasional yang besar dan usaha patungan," tandas Seymour.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber albawaba
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com