Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Khawatir IKEA, Oppein Ekspansi ke Indonesia

Kompas.com - 21/08/2014, 17:27 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia masih dianggap pasar paling menggiurkan bagi penetrasi produk Tiongkok, termasuk produk rumah tangga dan dapur. Menyasar kelas menengah atas, mereka tak terancam dengan produk asal Eropa yang sudah lebih dulu mengakar kuat di segmen tersebut, seperti IKEA.

"Kami tak khawatir. IKEA misalnya, kami tahu, mereka mengeluarkan produk kelas menengah  Eropa, tapi jelas kami berbeda dengan mereka," ujar David Yi Wang, Vice President of Oversea Marketing Guangdong Oppein Home Group Inc, yang membawahi PT Oppein Furindo di Indonesia, Kamis (21/8/2014).

Di Indonesia, Oppein Furindo sudah lebih dulu dibuka di Bali. Di Jakarta, ritel produk untuk panel dapur, lemari penyimpan dan bermacam piranti dapur tersebut baru diresmikan Minggu (17/8/2014) lalu.

Untuk pasar Indonesia, Oppein menawarkan "Oppein Integrated Kitchen" yang menawarkan semua kebutuhan dapur, mulai carcase, couterpop, serta door panel untuk konsumen rumah tangga dan hotel serta apartemen.

"Market share kami di Tiongkok sendiri 15 persen. Low price is low quality pada produk Tiongkok itu satu pandangan yang salah. Kami full impor dan produksi kami untuk permintaan hotel dan apartemen berani bersaing, karena mulai produksi sampai ke tangan konsumen hanya butuh waktu 75 sampai 90 hari," kata David.

David memaparkan, material carcase yang diproduksinya menggunakan plywood dan particle board. Untuk carcase dan door panel ia memberikan garansi selama 3 tahun.

"Kami pakai plywood dengan kekuatan satu setengah kali lebih bagus dari papan kayu biasa. Dengan ketebalan 16 milimeter, plywood ini anti lembab, tahan panas dan bahan kimia, serta mudah perawatannya," tutur David.

Ada pun untuk material meja dapur atau couterpop, Oppein menggunakan solid surface, quartzstone, serta silestone. Keunggulan memakai solid surface untuk aplikasi meja dapur ini ramah lingkungan, bebas bau dan radiasi, selain tahan lama dan mudah dirawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com