Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lewatkan, Adu Kreatif di "Konstruksi Indonesia 2014"!

Kompas.com - 21/08/2014, 11:16 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pembinaan (BP) Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum kembali menggelar kegiatan Konstruksi Indonesia. Acara tersebut digelar sejak 2003 sebagai ajang pertukaran informasi dan komunikasi bisnis konstruksi, nasional maupun internasional.

Kepala BP Konstruksi Kementerian PU, Hediyanto W. Husaini, mengatakan Konstruksi Indonesia 2014 mengusung tema "Harmonisasi Konstruksi Indonesia untuk Menyongsong Era Masyarakat Ekonomi ASEAN". Menurut dia, pemilihan tema tersebut dilandasi oleh kebutuhan konsolidasi dan sinergi pemangku kepentingan jasa dan bisnis konstruksi dalam menghadapi dan memanfaatkan peluang Era Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan berlangsung pada 2015.

"Tujuannya untuk memupuk kepercayaan dan kebanggaan masyarakat terhadap pelaku konstruksi nasional dan meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pelaku konstruksi nasional. Selain itu, kegiatan ini akan menjadi ajang promosi dan perluasan jejaring bisnis untuk membangkitkan investasi dan gairah konstruksi nasional," kata Hediyanto di Jakarta, Kamis (21/8/2014).

Konstruksi Indonesia 2014 akan menggelar beberapa kegiatan menarik seperti Lomba Pekerja Konstruksi. Lomba ini akan memberikan akses yang luas kepada para pelaksana pekerja konstruksi untuk memiliki standar kompetensi yang sesuai dengan klasifikasi dan kualifikasi serta menjadi ajang bertemunya tenaga terampil konstruksi di Indonesia.

"Peserta lomba adalah pekerja konstruksi dan operator alat berat dari seluruh provinsi Indonesia, yaitu yang telah lulus seleksi atau diusulkan oleh provinsi masing-masing oleh Pembina Jasa Konstruksi Provinsi atau Panitia Seleksi yang sudah ditunjuk," katanya.

Pelaksanaan Lomba Pekerja Konstruksi Indonesia akan berlangsung pada 9-11 September 2014 mendatang. Pada saat bersamaan juga akan diadakan Sarasehan Nasional Pekerja Konstruksi Indonesia. Selain itu, kegiatan lainnya adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah Terkait Konstruksi Indonesia.

"Ini untuk mengembangkan semangat menulis di kalangan masyarakat konstruksi agar tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan dan informasi, tapi juga bisa menjadi kontributor pemikiran dan gagasan dalam bentuk karya tulis," ujar Hediyanto.

Selain itu, kegiatan yang juga diadakan tahun ini adalah Kompetisi Foto Konstruksi dan Lomba Jurnalistik/Karya Tulis Media Cetak. Lomba foto akan terdiri dari dua kategori, yaitu kategori hitam putih dan kategori bebas (manual/digital). Sedangkan lomba karya tulis jurnalistik mengusung tema "Harmonisasi Konstruksi Indonesia untuk Menyongsong Era Masyarakat Ekonomi ASEAN" dengan subtema "Kesiapan Konstruksi Indonesia Menghadapi Pasar Bebas Asean".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com