Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di New York, Anda Bisa "Ngecas" Ponsel Gratis di Taman!

Kompas.com - 14/08/2014, 15:56 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - New York menawarkan fasilitas menarik bagi para pejalan kaki. Ketika menyadari baterai ponselnya hampir habis, pejalan kaki di kota tersebut bisa mengunjungi CityCharge, pusat pengisi baterai ponsel bertenaga matahari. Menariknya, fasilitas ini gratis.

Unit-unit CityCharge yang disebar di Bryant Park, New York, AS merupakan hasil kolaborasi antara Bryant Park Corporation, Green Barrel Energy Inc., dan Landscape Forms, perusahaan penyedia furnitur publik berkualitas tinggi. Seperti dikutip Inhabitat.com, ketiga perusahaan itu telah mengembangkan konsep CityCharge selama dua tahun.

Setiap unit CityCharge sekilas tampak seperti meja berpayung di taman. Hal itu terjadi lantaran panel surya yang berfungsi menghimpun tenaga matahari dibuat berbentuk lingkaran.
Penempatannya pun membuat permukaan panel surya tampak seperti payung.

www.inhabitat.com Setiap unit CityCharge sekilas tampak seperti meja berpayung di taman. Hal itu terjadi lantaran panel surya yang berfungsi menghimpun tenaga matahari dibuat berbentuk lingkaran.
Setiap unit juga dilengkapi dengan enam kabel pengisi baterai ponsel untuk mengakomodir beberapa tipe ponsel. Unit-unit tersebut menggunakan roda agar bisa dipindah-pindah. Fitur tersebut membuatnya mudah digunakan dan dirawat.

Desain itu dirancang oleh desainer industrial, Ignacio Ciocchini. Menurut Ciocchini, CityCharge yang mudah dipindah itu diharapkan bisa mendorong interaksi sosial di antara masyarakat.

"Kami benar-benar bersemangat mengenai peluncuran CityCharge dan senang karena percobaan prototipe di Bryant Park berjalan dengan benar-benar baik," ujar Tommy Mitchell, pendiri Green Barrel Energy dan CEO.

Inhabitat.com juga mengungkapkan bahwa dua pusat pengisi baterai yang ditempatkan di Bryant Park sejak bulan lalu mendapat sambutan antusias dari masyarakat. Setelah digunakan oleh hampir 4.500 pengguna selama sebulan, kolaborasi Bryant Park Corporation, Green Barrel Energy Inc., dan Landscape Forms berencana untuk menambahkan enam unit baru di taman tersebut. Kolaborasi ini juga ingin menyebarkan CityCharge di lokasi-lokasi lain. Asyik, kan? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com