Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rak Serbaguna untuk Buku, Pajangan, dan Tempat Duduk

Kompas.com - 11/08/2014, 15:44 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Studio asal Prancis, CUT Architectures, menawarkan ide menarik untuk mengisi apartemen. Alih-alih menggunakan furnitur siap pakai, CUT Architecture mendesain struktur besi yang bisa digunakan sebagai rak buku, rak pajangan, dan tempat duduk. Di dapur, studio ini juga menggunakan konsep serupa untuk membuat area memasak.

Karya CUT Architectures ini berawal dari permintaan kliennya untuk merenovasi interior salah satu ruang apartemen di arrondissement 6, Paris. Apartemen yang berada di lantai dua tersebut ditempati oleh sepasang suami-istri beserta dua anaknya. Sang klien meminta agar CUT Architectures mengubah drastis interior apartemen tersebut.

"Menggunakan kembali apartemen tempatnya tumbuh, klien meminta kami membentuk kembali apartemen tersebut. Tujuannya, agar dia merasa berada di tempat yang benar-benar berbeda," ujar para arsitek.

CUT Architecture memutuskan untuk menyingkirkan dinding partisi, melepaskan kertas dinding (wallpaper), dan mewarnai kembali dinding dengan warna putih. Hal ini efektif untuk membuat apartemen terasa lebih luas. CUT Architectures juga mengamplas kembali lantai kayu, serta mempertahankan pintu, jendela, dan perapian.

Sementara itu, para arsitek juga menciptakan kesinambungan di dalam apartemen dengan cara memasukkan struktur besi. Mereka menempatkan struktur ini pada hampir semua ruangan. Struktur terbesar berada di ruang keluarga dan dapur. Selain itu, mereka juga menempatkan struktur serupa di area yang pernah digunakan sebagai koridor.

"Di dapur, struktur ini mengintegrasikan rak, lemari dapur, dan permukaan untuk bekerja dengan sebuah bak cuci dan sebuah kompor. Satu bagian dari struktur memiliki ban dan menjadi area kerja bergerak. Jadi, seluruh keluarga bisa memasak bersama," ujar Yann Martin dari CUT Architectures.

Praktik yang dilakukan CUT Architectures ini terbilang cukup berhasil. Pasalnya, rangka yang dibuat oleh studio tersebut tampak menyatu serasi dengan keseluruhan apartemen. Mengecat rangka besi dengan warna yang sama dengan dinding juga membuat struktur tampak lebih "ringan" dan tidak terasa memenuhi ruangan. Rak-rak ini pun dilengkapi dengan alas dan penutup berwarna coklat muda yang mirip dengan warna lantai apartemen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com