Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat... Hanya Ruangan Utama yang Perlu Didekorasi Ulang!

Kompas.com - 08/08/2014, 13:32 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Akhir pekan kembali tiba. Pemilik rumah bisa menggunakan kesempatan ini untuk menata kembali rumahnya. Beberapa sumber menyatakan, mengubah tampilan rumah bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun

Seperti dikutip Sheknows.com, rumah yang didekor dengan baik berpotensi meningkatkan kesehatan mental dan spiritual pemiliknya. Karena itu, tak ada salahnya Anda sebagai pemilik rumah menghabiskan akhir pekan kali ini untuk menyegarkan kembali pengaturan di dalam rumah.

Menurut desainer interior Andrea Evans dari The Pink Boutique di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, pemilik rumah seharusnya mulai mengubah dekorasi di ruang yang paling sering digunakan. Terutama, jika pemilik rumah hanya memiliki anggaran terbatas.

Beberapa ruang utama yang paling sering digunakan antara lain kamar mandi, dapur, ruang keluarga, dan kamar tidur. Sementara itu, ruang-ruang lain seperti garasi, gudang, dan kamar tamu sebaiknya tidak perlu didekor ulang jika pemilik rumah tidak memiliki anggaran yang cukup.

Domino Menambah ruang penyimpanan di kamar mandi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya, menaruh meja kecil yang bisa dipindah-pindahkan.

Kamar mandi

Ruang pertama yang layak mendapat perhatian pemilik rumah adalah kamar mandi. Ada beberapa yang bisa dilakukan untuk mengubah tampilan kamar mandi, misalnya mengubah perlengkapan kamar mandi, seperti pancuran, penutup tirisan (drain), dan perangkat-perangkat lain.

Sementara itu, seperti dikutip dalam The Huffington Post, ada juga cara lain lebih sederhana. Jika mengganti perangkat kamar mandi membutuhkan keterampilan, cobalah mengganti keset dan menukar handuk di dalam kamar mandi dengan handuk baru. Sumber yang sama menyatakan, cobalah menggunakan warna-warna seperti biru dan hijau untuk menciptakan lingkugan bernuansa menenangkan. Namun, untuk tampilan mewah, gunakan handuk berwarna putih.

Dapur

Ruang kedua yang umumnya selalu digunakan pemilik rumah adalah dapur. Pemilik rumah bisa melakukan hal-hal sederhana, seperti mengganti lap tangan di sisi wastafel, atau bahkan hanya membersihkan bak cuci piring. Meski terkesan sederhana, dapur yang bersih akan tampil jauh berbeda dari dapur kotor dan penuh minyak.

Cara lain, cobalah mengubah penataan piring di meja makan. Cobalah penataan istimewa dengan menempatkan alas makan, menata piring, sendok, dan gelas, serta memberikan hiasan di tengah-tengah meja makan (centerpiece).

www.shutterstock.com Selain dapur, ruang keluarga juga merupakan ruang yang lazim digunakan untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Ruang keluarga

Selain dapur, ruang keluarga juga merupakan ruang yang lazim digunakan untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga. The Huffington Post mengungkapkan, pemilik rumah bisa mengatur kembali penataan furnitur. Sementara itu, Kelly Edwards dari Design on a Dime mengungkapkan dalam HGTV bahwa mengubah pencahayaan bisa mengubah tampilan ruangan dengan lebih cepat dan efektif.

Hal-hal sederhana juga bisa membuat interior ruang keluarga leih menarik dari biasanya. Sebagai contoh, pemilik rumah bisa menggunakan tatakan gelas baru, mengganti sarung bantal di sofa, dan memajang satu vas bunga di ruangan tersebut.

Kamar tidur

Hal serupa bisa dilakukan di kamar tidur, misalnya mengganti seprai dan sarung bantal, atau mengganti tudung lampu. Style at Home mengungkapkan, memperbarui tudung lampu dalam bentuk yang lebih kontemporer bisa membuat tampilan rumah lebih segar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com