Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Parkir "Termewah" Ada di Michigan

Kompas.com - 05/08/2014, 17:43 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Michigan Theatre semula penuh dengan hingar-bingar dan masa depan menjanjikan. Kini, gedung teater tersebut akan menghadapi "nasib baru"-nya. Hanya, Michigan Theatre tidak akan lagi menjadi gedung pertunjukkan, melainkan gedung parkir.

Pada 1926, Detroit Free Press menulis resensi mengenai Michigan Theatre yang baru saja dibuka. Dalam salah satu artikelnya, Detroit Free Press menyebutkan bahwa ketika seseorang menginjakkan kakinya di dalam terater ini, "jiwanya akan bangkit dan terbang menyusuri pilar-pilar tinggi dan dinding berlapis kaca setinggi lima lantai hingga kubah di lobi besar."

Gedung teater penuh ornamen tersebut memang pernah memanjakan mata penduduk Amerika Serikat dengan tayangan gambar-gambar bergerak yang terasa magis di tahun 1920-an. Sayangnya, belum genap satu abad kemudian, gegap gempita meninggalkan teater megah tersebut. Sama seperti gedung-gedung tua lainnya, Michigan Theatre juga mengalami perubahan fungsi. Alih-alih terkait dengan fungsi asalnya, Michigan Theatre kini menjadi gedung parkir termegah dan terunik di dunia.

Dalam foto-foto yang dipublikasikan The Huffington Post, detail Michigan Theatre masih tampak menakjubkan. Meski, tanda-tanda kerusakan sudah tampak di sana-sini. Plafon tinggi berbentuk kubah yang ada di dalam gedung tersebut masih tampak megah.

Editor The Huffington Post  Detroit, Kate Abbey-Lambertz, menyediakan rangkuman perjalanan panjang gedung teater ini. Dia menyebutkan, gedung tersebut pernah menjadi tempat pertunjukan musik rock di pertengahan 1970-an, hingga akhirnya dilucuti dan menjadi gedung parkir. Meski, sebagai gedung parkir, Michigan Theatre tetap paling istimewa dibandingkan gedung parkir lainnya.

Di sisi lain, beralih dari fungsi asalnya belum tentu bermakna buruk bagi Michigan Theatre. Direktur Eksekutif Preservation Detroit, Claire Nowak-Boyd, melihat adanya kesempatan bagi gedung ini untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik dengan perubahan tersebut.

Mitchigan Theatre tidak bernasib yang sama dengan bangunan bersejarah lainnya di kawasan Detroit. Gedung ini tidak diruntuhkan, atau dibiarkan terbengkalai begitu saja. Dengan kata lain, punya kesempatan untuk diperbarui.

Erick Novack, perwakilan dari Boydell Group, mengungkapkan kesempatan untuk melestarikan keutuhan bangunan dan sejarah Michigan Theatre, terbuka luas. Boydell Group merupakan pengembang yang membeli bangunan ini.

"Kami melihat sebuah kesempatan untuk melestarikan keutuhan (bangunan) ini dan sejarahnya," ujar Novack.

Meski Novack punya keinginan melestarian bangunan ini, namun untuk mengembalikan Michigan Theatre kembali ke "kejayaannya" di 1926 tampaknya hampir mustahil.

"Penghancuran kreatif kini sedikit-banyak menjadi bagian dari sejarah kita dan mungkin, lebih memusat pada cerita kami, ketimbang kota lain di Amerika Serikat. Situs ini merangkum hal tersebut," ujar Nowak-Boyd.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com