Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Masa Depan, Warna Sesuai Selera

Kompas.com - 31/07/2014, 15:04 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Pemilihan cat untuk menutup permukaan dinding rumah memang sangat bergantung pada selera pemiliknya. Hanya, pilihan ini biasanya juga dipengaruhi oleh tren warna yang tengah populer pada masanya.

Beberapa desainer sudah mengungkapkan pandangannya atas tren warna 2015 mendatang. Tentu saja, masing-masing desainer punya pandangannya sendiri.

Menurut Sara Story, desainer yang mengenyam pendidikan di University of San Diego dan Academy of Art University di San Francisco, warna biru terang khas Mediterania akan populer tahun depan. Warna ini begitu kaya dan tampil lebih menarik jika dipadukan dengan abu-abu atau merah muda.

"Biru Mediterania, dan puncak-puncak gereja di Santorini, atau cat TC32 Papers and Paints. (Warna) ini begitu kaya dan menakjubkan, sempurna ketika disandingkan dengan abu-abu atau merah muda," ujar Story, seperti dikutip Elle Decor.

Sementara itu, pendapat berbeda datang dari Anne Maxwell Foster dan Suysel dePedro Cunningham. Foster dan Cunningham mendirikan Tilton Fenwick, firma interior desain. Jika Story memastikan biru terang khas Mediterania akan populer tahun depan, Foster dan Cunningham merasa perpaduan hijau dan birulah yang akan menjadi tren.

Menurut keduanya, perpaduan biru klasik dengan hijau segar bisa memberikan tampilan yang segar dan tegas untuk interior rumah.

Versi Story serta duo Foster dan Cunningham sama-sama mengedepankan warna biru dan warna-warna tegas. Jika enggan mengikuti tren dengan warna-warna ini, Anda bisa menyimak tren yang diutarakan Christos Prevezanos. Sejak 2008 lalu, Prevezanos sudah membuka studio desain interior, Studio Preveza. Menurutnya, warna pastel akan kembali populer pada 2015.

"Saya akan melihat ke belakang, kembali ke palet pastel LA (Los Angeles) tahun 1980-an, kombinasi warna optimistis dari oranye dan ungu matahari terbenam, hijau pohon kelapa, aqua kolam renang, dan merah muda flamingo. Ini adalah palet warna muted dengan kejutan neon, Monet bertemu Molly Ringwald," ujarnya.

Jeff Andrews, desainer interior internasional yang sudah menangani beberapa klien tersohor seperti Ryan Seacrest, Kris Jenner, Michael C. Hall, America Ferrera, dan bintang-bintang Hollywood lainnya, memilih abu-abu netral sebagai incaran.

"Abu-abu tentu saja warna netral paling hot akhir-akhir ini, (warna ini) membuat latar sempurna. Saya suka mengkombinasikan dinding abu-abu dengan pintu charcoal gelap dan plafon putih keabu-abuan pucat," ungkapnya.

Ada pula beberapa ide lain, seperti warna yang terinspirasi lukisan-lukisan era Renaissance, hijau olive, campuran warna terang, paduan warna hangat, serta perpaduan hitam, abu-abu, dan merah. Tren warna akan banyak berpengaruh pada produksi warna-warna cat. Namun, selalu ada ruang bagi Anda untuk memilih warna yang paling cocok dengan kebutuhan dan selera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com