Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Domestik Lesu, Tiongkok Genjot Investasi di Luar Negeri

Kompas.com - 31/07/2014, 11:59 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Masih lesunya pasar properti domestik, memaksa investor Tiongkok beralih menanamkan dananya di luar negeri. Mereka menggenjot investasi di pasar properti residensial dan komersial.

Menurut JLL, selama semester 2014, investor Tiongkok telah menanam modal senilai 5,4 miliar dollar AS atau setara Rp 62,7 triliun. Naik 17 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu.

Dari total jumlah investasi tersebut, porsi properti komersial mendominasi dengan nilai hampir 4 miliar dollar AS (Rp 46,4 triliun). Sementara pertumbuhan rill investasi residensial sekitar 1,5 miliar dollar AS (Rp 17,4 triliun) atau melonjak 84 persen dibanding tahun lalu.

Ada pun lokasi utama yang menjadi tujuan investasi adalah London dengan nilai 2,3 miliar dollar AS (Rp 26,7 triliun). Di ibukota Inggris ini, mereka "menggarap" pasar komersial dan residensial. Dampak positif aktifnya pengembang dan investor Tiongkok tersebut mendorong lebih banyak modal yang masuk ke dalam portofolio raksasa.

Termasuk modal dari investor institusi macam China Construction Bank Corp, China Overseas Holdings Ltd dan China Life Insurance Co Ltd. Ketiganya tercatat membeli aset perkantoran di distrik bisnis utama London.

Menyusul London, adalah San
Francisco dan Chicago, masing-masing sanggup meraup dana Tiongkok sebesar 548 juta dollar AS (Rp 6,3 triliun), dan 365 juta dollar AS (Rp 4,2 triliun). Sama seperti London, aset kantor di CBD San Fransisco yang paling populer juga dibeli investor Tiongkok.

Direktur Modal Internasional JLL Tiongkok, Darren Xia, mengatakan pengembang dan perusahaan asuransi tetap menjadi investor yang paling aktif, dengan peningkatan yang signifikan pada investasi perhotelan dan wisata seperti New York dan Sydney.

"Meskipun investor Tiongkok sangat aktif di kota-kota besar dunia, kita melihat mereka mengejar peluang di berbagai spektrum berbeda," kata Direktur Penelitian Pasar Modal Global JLL, David Green-Morgan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com