Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekonstruksi Stadion Piala Dunia, Rusia Siapkan Dana Rp 6,2 Triliun

Kompas.com - 30/07/2014, 18:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com — Rusia menyiapkan dana 19 miliar rubel atau sekitar Rp 6,3 triliun untuk membangun kembali Stadion Luzhniki, Moskwa.

Stadion tersebut akan digunakan sebagai tempat untuk upacara pembukaan laga final sepak bola Piala Dunia FIFA 2018 mendatang.

Badan sepak bola dunia, FIFA, tahun lalu sepakat rekonstruksi Stadion Luzhniki telah memenuhi persyaratan standar sebanyak 89.000 kursi sebagai tempat final Piala Dunia. Sementara rekonstruksi stadion dijadwalkan rampung pada kuartal kedua 2017.

Kepala Departemen Konstruksi, Andrei Bochkaryov, mengatakan, Stadion Luzhniki akan digunakan selanjutnya untuk sebagai kompleks olahraga multifungsi yang dapat menampung lebih dari 200 acara budaya besar setiap tahunnya.

Uniknya, masyarakat Moskwa yang cinta olahraga sepak bola akan dilibatkan secara aktif untuk berperan lebih jauh selama proses rekonstruksi. Wali Kota Moskwa Sergei Sobyanin menjanjikan para pencinta olahraga dapat memilih warna tempat duduk di bagian tribun stadion.

Bochkaryov menambahkan, pilihan warna kursi stadion tersebut adalah merah marun, emas, atau putih. Pembangunan tribun sendiri harus sudah dimulai pada bulan Oktober 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com