Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latar Film Erotis Dijual Belasan Triliun Rupiah

Kompas.com - 30/07/2014, 15:31 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

LONDON, KOMPAS.com — Kabar mengejutkan datang dari kota London, Inggris. Salah satu pencakar langitnya yang paling dikenal dan ikonik, Gherkin, dijual kepada publik dengan harga penawaran 600 juta poundsterling sampai 650 juta poundsterling atau ekuivalen dengan Rp 11,7 triliun-Rp 12,7 triliun.

Betapa tidak mengejutkan, saat kota lain tengah berjibaku menyejajarkan diri dan ingin disebut sebagai kota dunia melalui pembangunan pencakar langit, Gherkin justru dilepas ke pasar asing. Padahal, gedung setinggi 40 lantai dengan luas bangunan 46.900 meter persegi ini beken sebagai latar film erotis Basic Instinct 2.

Sang pemilik gedung yakni Mayfair Investment Bank dan IVG Immobilien, investor properti Jerman, terlilit masalah valuta asing sehingga mereka terpaksa menjual gedung fenomenal tersebut.

Gherkin sejatinya dirancang oleh maestro arsitektur Lord Foster dan dibuka untuk umum pada 2004 silam. Lokasinya berada di St Mary Axe, bekas situs Baltik Exchange yang rusak parah oleh serangan bom IRA pada 1992.

Gedung ini cepat populer sebagai landmark kota London karena sering dijadikan sebagai media kampanye iklan ataupun tampil dalam program-program televisi dan film. Oleh karena itu, wajar bila beberapa perusahaan multinasional terpincut dan berkantor di sini. Termasuk Swiss Re yang bergabung bersama 19 penyewa lainnya.

Meski ditawarkan dengan harga tinggi, menurut Kepala Investasi Savills London, Stephen Down, beberapa pihak sudah menyatakan ketertarikannya. Calon pembeli tersebut berasal dari berbagai korporat macam lembaga dana pensiun Asia dan lembaga keuangan kaya Timur Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com