Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Panduan Efektif Membersihkan Noda Membandel

Kompas.com - 30/07/2014, 13:52 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber brightness
KOMPAS.com — Perkara memilih air panas atau dingin ketika membersihkan barang sebenarnya sederhana. Hanya saja, efek yang akan ditimbulkan dari pilihan ini bisa jauh berbeda.

Jika karpet, baju, atau seprai Anda terkena noda, segera gunakan panduan mudah berikut ini untuk memilih air yang tepat dalam membersihkan noda tersebut.

 
Air dingin, atau air dengan suhu normal yang berasal dari keran di rumah Anda, efektif membersihkan noda-noda "ringan". Pertama, air dingin bisa efektif membersihkan berbagai jenis makanan. Sebaiknya Anda menggunakan air dingin untuk membersihkan sisa-sisa makanan, seperti keju, cokelat, agar-agar, dan mustar. Jika Anda segera merendam bahan yang terkena noda makanan dalam air dingin, noda tersebut akan segera luntur.
 
Selain makanan, hal serupa juga seharusnya Anda lakukan pada sisa-sisa minuman. Kopi, teh, jus, susu, dan bahkan anggur merah bisa dibersihkan dari baju dan seprai dengan memanfaatkan air dingin. 
 
Darah, serta cat berbahan dasar air, juga bisa dihilangkan dengan memanfaatkan air. Seperti dikutip dari Brightnest, Anda perlu ingat bahwa apa pun yang berbahan dasar air bisa juga dibersihkan dengan air.
 
Sementara itu, gunakan air panas untuk membersihkan noda-noda lain yang lebih sulit dibersihkan. Anda mungkin juga membutuhkan alat atau bahan pembersih lain. Pertama, gunakan air panas untuk membersihkan sisa permen karet dari baju, seprai, atau keset. Gunakan pisau mentega untuk memudahkan proses melepaskan sisa-sisa permen karet.
 
Kedua, gunakan air panas dan cuka putih untuk membersihkan pewarna pada baju. Masukkan satu cangkir cuka putih dalam air panas di dalam mesin cuci, kemudian jalankan. Untuk baju yang "kelunturan", Anda pun bisa membersihkannya dengan cara ini.

Ketiga, gunakan air panas untuk membersihkan sisa telur. Gunakan juga satu sendok makan detergen dan spons atau sikat gigi untuk meluruhkan telur dari kain. Setelah itu, cuci baju atau keset seperti biasa.
 
Terakhir, gunakan perpaduan antara air panas dan beberapa tetes pembersih noda untuk membersihkan sisa losion. Selain pembersih noda, Anda juga bisa menggunakan detergen. Teteskan pembersih noda atau detergen tersebut pada permukaan yang terkena noda, kemudian sikat. Bilas dengan air panas, atau gunakan pengaturan terpanas pada mesin cuci.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber brightness
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com